}
Gejala Rambut Rontok
Health

Gejala Rambut Rontok

by Pohan
Mon, 15-May-2017

Rambut rontok atau dikenal sebagai alopecia mengacu pada hilangnya rambut dari bagian kepala atau badan. Selain faktor keturunan, rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Apa saja? Simak langsung di bawah ini:

» Gaya rambut atau perawatan yang keras

Penggunaan karet gelang, rol atau jepit rambut saat menata rambut bisa menyebabkan kerontokan rambut. Sebaiknya tidak memakai produk kimia seperti pewarna rambut terlalu sering karena bisa merusak rambut.

» Ketidakseimbangan hormon

Pergeseran hormonal dari pil KB, kehamilan, persalinan, menopause atau histerektomi dapat menyebabkan lebih banyak folikel rambut daripada normal memasuki fase yang tidak aktif.

» Penyakit atau operasi

Tekanan dari penyakit atau pembedahan dapat menyebabkan hambatan produksi rambut. Kondisi spesifik juga bisa memicunya, termasuk kelainan tiroid, sifilis, defisiensi zat besi, lupus, atau infeksi berat.

» Obat dan vitamin

Kemoterapi kanker yang menyerang folikel rambut dalam upayanya membunuh semua sel yang tumbuh cepat di sekitar tubuh menjadi salah satu penyebab rambut rontok.

» Defisit nutrisi

Diet berat atau gangguan makan seperti bulimia dan anoreksia bisa menghentikan pertumbuhan. Ini juga bisa terjadi karena asupan protein, vitamin atau mineral yang tidak mencukupi.

» Penuaan

Efek alami dari bertambahnya usia tentu memperlambat pertumbuhan rambut. [][teks @pohanpow/livescience.com | foto dok. Cleveland Clinic's Health Essentials, wiseGEEK]