}
Kebiasaan Ini Membahayakanmu
Health

Kebiasaan Ini Membahayakanmu

by Sherra
Thu, 22-Jun-2017

Namanya juga hal yang biasa dilakukan, kadang kita nggak tahu ternyata ada risiko di baliknya. Nah, disimak nih biar kamu nggak terbiasa buat melakukannya terus menerus.

1. Menahan bersin

Nah, kadang ada orang yang menutup mulut dan mencubit hidung buat nahan bersin. Tau nggak sih? Ternyata hal itu bisa bikin tekanan intrakranial alias tekanan otak normal meningkat dan bikin aliran darah ke otak terganggu, pembuluh darah dan jaringan saraf jadi tertekan. Yang kayak gini bisa bikin sakit kepala, kerusakan pembuluh darah, dan masalah pendengaran. Pokoknya, bersin mah bersin aja. Jangan ditahan.

2. Memakai parfum

Ini mah tiap hari juga dilakukan ya? Tapi sayangnya ada beberapa zat dalam parfum yang bisa bikin pusing, mual, dan ngantuk. Bahkan bisa bikin mata, tenggorokan, dan kulit iritasi. Akan lebih baik kalau ganti parfum kamu dengan minyak essential. Atau coba biasakan untuk pakai parfum di ruangan yang berventilasi bagus.

3. Main hape sebelum tidur

Cahaya buatan dari hape bisa mengurangi produksi hormon melatonin yang mengatur siklus tidur. Melatonin yang rendah bisa bikin insomnia, depresi, kanker, obesitas, penyakit jantung, dan melemahkan sistem kekebalan tubuh. Jadi pas udah mendarat di kasur, nggak usah main hape. Langsung aja baca doa dan peluk guling.

4. Menyimpan makanan dalam wadah plastik

Banyak wadah plastik yang mengandung zat kimia buatan: phthalate dan bisphenol. Zat tersebut gunanya untuk mempertahankan fleksibilitasnya. Dan setelah jangka waktu tertentu, zat tersebut bisa meresap ke dalam makanan dan berpengaruh pada sistem endokrin tubuh. Jadi lebih baik simpan makanan dalam wadah berbahan kaca, stainless steel, atau keramik. Kamu juga harus perhatikan simbol ini ya..


5. Menyikat gigi segera setelah makan

Nyikat gigi sebelum tidur emang baik untuk mecegah gigi bolong. Tapi sebaiknya menyikat gigi minimal 30 menit setelah makan. Satu jam setelahnya lebih bagus lagi. Karena makanan dan minuman yang mengandung asam bisa berpengaruh pada enamel gigi dan dentin. Gigi pun jadi sensitif dan memicu kerusakan email.

6. Pakai jeans ketat

Ngetren sih pakai jeans ketat. Tapi sayangnya jeans ketat bisa terus menekan kulit dan ujung saraf. Ini bisa menyebabkan masalah pada sistem saraf. Jeans ketat juga membuat aliran udara ke kaki berkurang hingga menyebabkan gatal, dan akhirnya membuat kaki mati rasa.

7. Duduk seharian

Menurut jurnal American Heart Association [AHA], mereka yang cenderung duduk selama lima jam atau lebih setiap hari memiliki dua kali risiko gagal jantung dibandingkan dengan orang yang lebih aktif. Coba dong sisihin waktu buat berjalan lima menit setiap jam. Walaupun sebentar, tapi kebiasaan itu bisa melancarkan aliran darah.

8. Bekerja atau belajar saat sakit

Banyak bekerja atau belajar pas sakit itu bahaya. Soalnya, energi tubuh lagi beralih fungsi untuk penyembuhan. Memaksa otak selama periode ini cum memperlemah sistem kekebalan tubuh. Bukannya sembuh, eh malah bikin sakit yang lain muncul. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto pixabay.com, brightside.com]