}
Biji-bijian Bermanfaat
Health

Biji-bijian Bermanfaat

by Hagi
Thu, 06-Jul-2017

Daftar biji-bijian di bawah ini punya banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Kamu suka mengonsumsi yang mana?

1. Chia Seeds

foto alibaba.com

Atau biji selasih, sering dijumpai di menu buka puasa. Berasal dari tanaman Basil, manfaat biji selasih di antaranya: menguatkan sistem imun tubuh, meredakan stres, dan menyembuhkan batuk. Biji selasih juga bermanfaat untuk menurunkan kadar gula darah, menghilangkan insomnia, menyembuhkan sakit kepala dan sakit gigi.

2. Wild Rice

foto shopify.com

Meskipun namanya rice, tapi wild rice bukan berasal dari padi lho. Biji-bijian ini adalah bibit rumput yang lebih tinggi proteinnya dan banyak mengandung antioksidan dibandingkan dengan beras. Wild rice menyediakan folat, magnesium, fosfor, seng, vitamin B6, dan niacin. Cocok sebagai tambahan yang lezat untuk salad hijau.

3. Pumpkin Seeds

foto mercola.com

Atau biji labu, sering kita sebut sebagai kuaci putih. Biji labu kaya magnesium, mineral penting yang meningkatkan kesehatan jantung dan menguatkan otot Anda. Biji labu juga membantu tubuh Anda menghasilkan energi. Bisa dimakan langsung, atau disajikan bersama menu sereal lain.

4. Pomegranate Seeds

foto doctorshealthpress.com

Atau biji delima, banyak mengandung cairan yang disebut arils. Biji ini mengandung vitamin C dan antioksidan tinggi. Secangkir penuh biji delima mengandung kurang dari 150 kalori, bagus untuk camilan ringan. Cara termudah untuk menikmatinya memang dibuat jus atau dibuat smoothie. Boleh juga disantap langsung karena rasanya enak.

5. Quinoa

foto rosannadavisonnutrition.com

Atau biji gandum yang berasal dari Pegunungan Andes, Amerika Selatan. Quinoa mengandung protein lengkap dan terdiri dari semua asam amino esensial, dengan jumlah protein dua kali lebih banyak dari oat. Biji-bijian ini dapat digunakan sebagai pengganti nasi yang juga mengandung banyak serat dan zat besi.

6. Flax Seeds

foto authoritynutrition.com

Atau biji bunga flax, berasal dari tanaman flax atau Linum usitatissimum. Biji bunga flax mengandung lemak omega-3, vitamin B1, tembaga, mangan, serat, magnesium, fosfor, dan selenium. Biji-bijian ini bermanfaat untuk kesehatan jantung, anti radang, menjaga kolesterol dan tekanan darah, serta mencegah kanker.

7. Hemp Seeds

foto authoritynutrition.com

Atau biji rami, berasal dari tanaman perdu yang disebut fumayin. Biji rami punya protein yang lebih tinggi dari biji bunga flax atau biji chia. Biji ini kaya serat, juga asam lemak Omega 3 dan 6. Biji rami baik untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, kuku, mengatasi obesitas, kolesterol, dan penyakit kardiovaskuler.

8. Sunflower Seeds

foto food.ndtv.com

Atau biji bunga matahari, berbentuk seperti kuaci hitam dengan garis putih vertikal. Biji ini mengandung vitamin E dosis tinggi, folat, zat seng, selenium, magnesium, kalsium, dan fosfor. Biji bunga matahari juga diolah menjadi sunbutter, mentega yang dapat digunakan untuk memasak dan membuat salad.

9. Sesame Seeds

foto alibaba.com

Atau biji wijen, terdiri dari dua jenis: hitam dan putih. Biji wijen hitam mengandung zat besi yang lebih tinggi sementara yang putih mengandung lebih banyak kalsium. Biji wijen berguna untuk menurunkan kadar gula darah, menjaga kesehatan kulit, dan membantu pertumbuhan rambut. [][teks @evaevilia666/brightside.me | foto gardenweasel.com, pinimg.com]