}
Air Putih Hangat Tiap Pagi
Health

Air Putih Hangat Tiap Pagi

by Sherra
Mon, 10-Jul-2017

Mungkin kamu terbiasa ngopi atau ngeteh setelah bangun tidur pagi. Tapi ada juga sih yang mengonsumsi air putih selepas bangun tidur. Minum air hangat selepas bangun tidur dan saat perut masih kosong tuh banyak manfaatnya..

Stella Metsovas, ahli gizi klinis dan pakar kesehatan bilang kalau hal itu memang direkomendasikan dokter. Apalagi kalau ditambah dengan merendam lemon di dalamnya untuk mengurangi radikal bebas di tubuh. Minum air hangat juga membantu pencernaan dan mengatur pergerakan usus.

Nih manfaat minum air hangat sebangun tidur:

1. Mencegah Penuaan Dini

Nggak mau kan keriput nggak sesuai umur? Tapi, racun dalam tubuh bisa bikin penuaan lebih cepat. Makanya air hangat bisa bersihin racun dari tubuh dan memperbaiki sel kulit hingga kulitmu lembab.

2. Mengurangi Rasa Sakit

Obat alami yang ampuh mengurangi rasa sakit akibat menstruasi adalah air hangat. Yup, air hangat bisa melemaskan otot-otot perut dan membantu meringankan nyeri haid. Efektif juga lho untuk semua jenis kram, karena meningkatkan sirkulasi kapiler dan bikin otot-otot tubuh rileks.

3. Membantu Penurunan Berat Badan

Pernah dengar kalau air hangat di pagi hari bisa sangat membantu nurunin berat badan? Ini bener banget. Jadi, air hangat meningkatkan suhu tubuh dan akhirnya meningkatkan metabolisme sehingga tubuh membakar lebih banyak kalori.

4. Memperbaiki Pencernaan

Minum air hangat setelah bangun tidur akan merangsang sistem pencernaan dan membantu tubuh mengeluarkan makanan. Lain halnya dengan minum air dingin setelah makan. Air dingin mengeraskan minyak dan lemak dalam makanan yang baru aja kamu makan. Akhirnya lemak malah tertimbun dan pencernaan jadi lebih sulit.

5. Mengurangi Konstipasi

Pernah susah BAB? Pasti nggak enak banget. Perut terasa penuh. Penyebabnya karena memiliki sedikit atau nggak ada pergerakan usus. Seringkali, penyebabnya adalah kekurangan air dalam tubuh. Kalau kamu memulai pagi dengan minum air hangat sebelum makan apa pun, itu dapat membantu melancarkan pencernaan. [][teks @saesherra/lifehack.org | foto pixabay.com]