}
Dampak AC bagi Kesehatan
Health

Dampak AC bagi Kesehatan

by Intern 2
Thu, 24-Aug-2017

Kamu pasti sering ya terpapar dinginnya AC? Sejuk ya kalo sebelumnya berada di luar dengan udara panas. Merasakan udara dari AC akan terasa sejuk dan terbebas dari rasa pengap. Misalnya, di ruangan kantor, mall, maupun di kendaraan. 

Yup, pengkondisi udara atau AC [Air Conditioner] memang dibutuhkan untuk menyejukkan ruangan. Meski begitu, ada bahaya yang mengintai dari sebuah pengatur suhu ruangan jika terlalu lama kita berada di sekitarnya.

Yang pertama, sesak nafas. Ya, AC akan membuat sirkulasi udara dalam ruangan dan debu yang terserap, lantas disaring ke dalam penyaring AC. Namun, jika penyaring itu tidak dibersihkan,  debu akan “terhembus” kembali ke ruangan, dan menyebabkan sesak nafas akibat debu tersebut.

Kedua, alergi. Sama dengan yang pertama. Jika AC tidak dibersihkan, debu akan terhempas keluar dan bisa menyebabkan alergi karena kuman dari debu yang keluar kembali melalui penyejuk ruangan.

Ketiga, kulit kering. Udara yang dihembuskan dari pendingin udara dapat menyerap kelembapan tubuh kamu dan pada akhirnya kulit kamu akan kering dan bersisik.

Keempat, iritasi pada mata. Mata kamu akan kering karena udara dari AC yang keluar sehingga akan terjadi iritasi.

Kelima, kelumpuhan wajah. Penyakit ini timbul akibat virus yang disebarkan hembusan angin dari pendingin udara.

Untuk menghindari kelima masalah tersebut, kamu harus sesering mungkin membuka jendela agar terjadi sirkulasi udara segar, serta bersihkan AC secara berkala. [][teks @apra_manuela/halosehat.com | foto boldsky.com/tirtaelektronik.com]