}
Gejala Kanker Yang Sering Terlewat
Health

Gejala Kanker Yang Sering Terlewat

by Dewi
Wed, 23-Aug-2017

Dari beberapa kasus, gejala penyakit kanker sering terlewat sehingga terlambat untuk ditangani. Kenapa bisa sampai terlewat? Bisa jadi karena dianggap sepele, atau nggak nyangka bahwa itu mengarah ke penyakit kanker. Maka sebaiknya kenali tubuhmu. Jika menemukan salah satu dari beberapa gejala di bawah ini, sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Terutama Commuters yang memiliki riwayat penyakit kanker dalam keluarga..

1. Benjolan. Paling mudah kamu meneliti tubuhmu saat mandi. Setelah sabunan, dengan jarimu cek seluruh tubuh. Jika mendapati benjolan yang nggak seharusnya ada, apalagi kemudian membesar, segeralah konsultasi ke dokter.

2. Sering pipis. Bisa jadi itu gejala diabetes. Tapi jika disertai rasa nyeri, konsultasikan dengan dokter. Kanker prostat atau kantung kemih memiliki gejala seperti itu.

3. Salah satu gejala yang sangat sering terlewat adalah perubahan pada usus. Jika Commuters sering diare dan juga konstipasi, disertai rasa sakit yang amat sangat di daerah perut, segeralah pergi ke dokter.

4. Kalau setelah makan kamu merasakan sakit atau panas pada perut, sulit menelan, dan terus menerus sakit perut, bisa jadi itu gejala kanker sistem pencernaan sebelah atas.

5. Luka sering dianggap sepele. Tapi kanker kulit atau mulut sering diawali dari situ. Luka di daerah kemaluan juga patut diwaspadai.

6. Berat tubuh berkurang banyak padahal nggak lagi diet. Hati-hati, karena kanker perut, pankreas, paru-paru, atau kerongkongan memiliki gejala tersebut.

7. Jika tiba-tiba demam, mungkin itu tanda tubuhmu sedang berjuang. Kanker menyerang sistem kekebalan tubuh dan infeksi menyebar. Demam bisa jadi merupakan gejala lymphoma atau leukimia.

8. Kelelahan yang amat sangat. Beberapa jenis kanker darah biasanya memiliki gejala ini. Kanker usus besar menyebabkan seseorang kehilangan banyak darah, gejala awalnya juga seperti ini.

9. Jika warna kulitmu berubah menjadi kuning atau merah, bisa jadi livermu bermasalah. Dan beberapa kanker juga menghasilkan zat yang bikin kamu gatal-gatal.

Masih banyak lagi gejala yang mungkin aja mengarah pada kanker, seperti darah pada pipis, tahi lalat yang berdarah, lidah dengan bercak-bercak putih, bintik-bintik hitam [freckles] yang berubah bentuk dan warna, asam lambung kronis, batuk yang terus menerus, puting berdarah, nyeri otot tanpa sebab, sakit pada tulang punggung atau panggul.

Kalau dilihat satu per satu jadi ngeri ya. Tapi jangan kuatir, kini banyak kanker yang dapat disembuhkan. Karena itu kenali tubuhmu, waspadai gejalanya, sehingga dapat terdeteksi sejak dini. [][teks @tantedow/dailynews | foto medicalnewstoday & healthline]