}
Kebiasaan Makan Yang Buruk
Health

Kebiasaan Makan Yang Buruk

by Andiska
Tue, 12-Sep-2017

Makan adalah hal yang penting. Kalau dilakukan dengan kebiasaan yang buruk, keadaan tubuhmu tidak akan baik.

1. Mengganti Buah dengan Jus

Walaupun berasal dari buah, jus mengandung 3x lebih banyak kandungan gula, apalagi jus yang sudah siap dalam kemasan. Membuat jus tanpa gula juga tidak lebih baik dari makan buah secara langsung.

2. Memilih Makanan Favorit

Kamu lebih memilih makanan yang disukai daripada makanan yang sehat. Apalagi kalo kamu sukanya Junk Food, duh makin bahaya deh. Beri waktu jika kamu ingin memanjakan perutmu dengan makanan yang disukai, seminggu sekali misalnya..

3. Menunda Waktu Makan

Sama seperti tidur, makan juga nggak boleh ditunda. Kegiatan yang padat biasanya dijadikan alasan utama. Padahal, dengan kamu menunda makan berarti kamu akan menaikan porsi makanmu sehingga metabolisme dalam tubuh berjalan lebih lambat. Hayo.. Jangan nunda makan ya Commuters.

4. Terlalu Banyak Sugesti

"Aduh, kalo aku makan nanti gemuk nggak yaa?" Hilangkan jauh-jauh pemikiran seperti ini, apa yang kamu pikirkan malah bisa jadi kenyataan lho Commuters. Kalau kamu nggak makan, kamu akan mengalami hal yang tertulis di nomor 3. Makanan itu untuk dinikmatin, bukan dipikirin..

5. Makan Terlalu Cepat

Terburu-buru? Lapar? Atau terlalu suka dengan makanannya? Makan yang baik ditelan setelah 33x dikunyah dalam mulut. Sinyal kenyang dalam tubuh dikirim ke otak setelah 15-20 menit setelah suapan pertama. Kalau kamu hanya makan dalam waktu 10 menit, yang terjadi adalah kelebihan porsi makan.  

6. Ngemil di Tengah Malam

Di waktu yang seharusnya digunakan untuk beristirahat kamu malah ngemil karena lapar. Setelah itu otomatis sinyal mengantukmu terasa lebih kuat sehinga kamu langsung terlelap sehabis ngemil tengah malam. Metabolisme dan pencernaanmu bisa terganggu Commuters.

7. Makan Sambil Menonton TV

Banyak yang sering melakukan kebiasaan ini tanpa sengaja. Waktu makan yang dibarengi dengan kegiatan apapun bisa menggangu konsentrasi makanmu sehingga kamu tidak mendapat sinyal kenyang, akibatnya kamu bisa saja menambah makananmu dan kembali makan sambil menonton TV.

8. Makan Saat Stress

Melampiaskan stress dengan makan sama saja kamu melampiaskannya ke organ pencernaanmu. Ketika sedang stress organ di dalam tubuh tidak bekerja dengan baik seperti biasanya, jika dipaksakan mencerna makanan yang kamu telan tanpa dikontrol jumlah dan kandungannya, nantinya kamu bisa terkena gangguan pencernaan. 

9. Makan dengan Porsi Besar

Lebih dikenal dengan istilah mukbang, gaya makan yang populer di Korea ini ternyata sangat berbahaya. Setelah mukbang kamu akan mengalami obesitas yang berisiko terkena diabetes mellitus, penyakit jantung, dan hipertensi. Hii.. Serem.

10. Mengabaikan Sarapan Pagi

Melewatkan sarapan akan mengganggu metabolisme tubuh, dan membakar lebih sedikit kalori. Nantinya, kamu akan lebih banyak ngemil dan porsi makan siangmu akan berlebih karena terlalu lapar. [][teks @andiskaraf/sharecare.com, huffingtonpost.com | foto lesmoutonsenrages.fr, Royal Banyan Andalan Foods]