}
Latihan Pernafasan Sembuhkan Penyakit
Health

Latihan Pernafasan Sembuhkan Penyakit

by Pohan
Wed, 20-May-2015

Menurut penelitian, wanita yang mengonsumsi acethominophen [paracetamol] dengan dosis 500 gr atau lebih per hari mengalami tekanan darah yang melonjak tajam. Untuk menyembuhkannya, sebenarnya tidak harus bergantung pada obat-obatan.

Kita bisa melakukan hal paling sederhana dengan latihan pernafasan. Percaya atau tidak, latihan pernafasan selama 9 minggu secara rutin bisa membantu penyembuhan segala macam penyakit.

Setiap latihan dimulai dengan membaca doa menurut kepercayaan masing-masing. Berikut tahapan latihan pernafasan:

Minggu I – II dan III

  • Kosongkan pikiran.
  • Niatkan bahwa ”Anda akan melakukan latihan pernafasan untuk kesehatan”.
  • Tarik nafas selama 3 detik, tahan nafas selama 3 detik.
  • Lepaskan nafas selama 3 detik dan tahan nafas selama 3 detik. Ulangi  sebanyak 3 kali.
  • Lakukan kegiatan ini setiap hari pada waktu pagi [setelah bangun tidur], siang [di sela kesibukan], sore [waktu istirahat], dan malam [hendak tidur malam].

Posisi: Cari posisi yang baik dan nyaman, bisa berbaring atau duduk.

Minggu IV

  • Kosongkan pikiran.
  • Niatkan bahwa ”Anda akan melakukan latihan pernafasan untuk kesehatan”.
  • Tarik nafas selama 4 detik, tahan nafas selama 4 detik.
  • Lepaskan nafas selama  4 detik dan tahan nafas selama 4 detik. Ulangi sebanyak 4 kali.
  • Lakukan kegiatan ini setiap hari pada waktu pagi [setelah bangun tidur], siang [di sela kesibukan], sore [waktu istirahat], dan malam [hendak tidur malam].

Posisi: Cari posisi yang baik dan nyaman, bisa berbaring atau duduk.

Minggu V sampai Minggu IX

Sama seperti minggu ke IV, hitungan latihan pernafasan ditambah 1. Minggu kelima menjadi 5 detik dan minggu VI hitungan menjadi 6 detik dan seterusnya sampai minggu IX.

Perhatikan juga hal-hal berikut ini:

  • Apabila selama waktu periode latihan Anda stres, lakukan latihan sesuai tingkat pencapaian. Contoh, dalam periode latihan minggu ke IV, tiba-tiba merasa sangat lapar, tetapi Anda tidak ada kesempatan untuk makan. Maka, lakukan latihan sesuai minggu IV.
  • Sewaktu Anda akan beralih ke periode berikutnya [misalnya minggu V], tetapi Anda merasa tidak mampu. Maka, jangan dipaksakan dan tetaplah bertahan di periode Minggu IV, dan keesokan harinya coba lagi beralih ke periode Minggu V.
  • Keberhasilan Anda dalam suatu periode mingguan, yaitu Anda telah melakukan latihan pernapasan ini dengan lancar selama 7 hari [kecuali periode minggu I s/d III, selama 21 hari]. Kegagalan bisa disebabkan ingin terlalu cepat memperoleh tingkat yang lebih atau tidak latihan secara rutin.
  • Jika Anda masuk dalam latihan periode minggu V misalnya sesuatu hal membuat Anda tidak bisa melakukan latihan selama beberapa hari [tidak lebih dari 6 hari], maka Anda harus memulai kembali latihan periode minggu V, selama 7 hari berturut-turut. Apabila Anda meninggalkan latihan lebih dari 6 hari maka Anda harus kembali ke latihan minggu IV.  


Intisari latihan pernafasan:

  • Melatih kedisiplinan atas dasar kemauan atau niat diri sendiri yang diridhoi Tuhan Yang Maha Esa
  • Kesempurnaan latihan berdasarkan kemampuan diri bisa mengendalikan nafsu [masa dalam alam semesta ini yang ada dalam jiwa diri sendiri], dan melalui pernafasan [nikmat yang diperoleh dari Maha Pencipta] untuk perbaikan lingkungan [alam semesta termasuk fisik atau tubuh kita sendiri dan orang lain]. [][teks @pohanpow/konsultasistress.wordpress.com | foto dok. imgkid.com, cirdd-ra.org]