}
Kembali Mengenal HIV dan AIDS
Health

Kembali Mengenal HIV dan AIDS

by Pohan
Fri, 01-Dec-2017

Tak heran jika orang sempat mengira bahwa HIV sama dengan AIDS lantaran keduanya sering digunakan secara bergantian untuk menggambarkan satu penyakit.

HIV singkatan dari Human Immunodeficiency Virus adalah pemicu tertentu yang menyebabkan infeksi. Sementara AIDS alias Acquired Immune Deficiency Syndrome yaitu suatu kondisi atau sindrom yang dapat disebabkan oleh HIV.

Seperti virus yang lain, HIV dapat menular dan menginfeksi orang lain. Ia menyebar melalui kontak dengan cairan tubuh tertentu dari orang yang terkena HIV. Cairan tubuh meliputi darah, air mani, cairan pra-mani, cairan vagina, cairan rektal, dan juga ASI.

Virus HIV yang paling sering terjadi melalui hubungan seks dan jarum suntik yang terkontaminasi. Kemungkinan lain menular dari ibu ke janinnya semasa kehamilan.

Pencegahan masih bisa dilakukan seperti gunakan kondom baru tiap melakukan hubungan seks anal maupun seks vaginal. Selain itu, memakai jarum yang steril dan bersih saat membuat tato atau tindik. [][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto Haiku Deck, HappyCures]