}
5 Cara Super Sehat Setiap Pagi
Health

5 Cara Super Sehat Setiap Pagi

by Yogira
Sun, 24-May-2015

Gimana sih memulai pagi yang benar? Tentu saja bukan dengan tidur lalu bangun siang, lalu tidur lagi. Itu sih jadi seperti lagu "Bangun Tidur Lagi", yang dinyanyiin mendiang Mbah Surip.

Pada artikel  yang dimuat di popsugar.com, ahli nutrisi holistik, bernama Yuri Elkaim menyebutkan bahwa cara kita memulai pagi bisa mempengaruhi kesehatan jiwa dan raga. Jadi, bagaimana seharusnya kita memulai hari setelah semalam istirahat? Elkaim mengungkapkan 5 tips agar kita super sehar setiap pagi.

1. Sambut cahaya matahari pagi

Menyengajakan terkena cahaya matahari pagi, misalnya dengan cara menjemur diri bisa menyehatkan tubuh.  Salah satunya mengendurkan hormone melatonin yang diproduksi saat kita tidur malam. Efeknya bagus saat bagus saat kita akan tidur pada malam harinya. Tidur pun bisa nyenyak dan sehat.

2 Minum air dingin sekitar 16 ons atau sekitar 8 gelas

Cuma minum air? Kedengarannya memang sederhana. Tapi ini cara yang tepat  setelah kita bangun tidur. Meminum segelas air putih saja meningkatkan metabolisme tubuh hingga 24 persen dalam waktu selama 90 menit. Otak manusia terdiri dari 75 persen air. Jadi, minum air pagi hari selain sebagai detosifikasi pada tubuh, juga bisa mencegah dehidrasi saat rutinitas siang hari.  

3. Ekspresikan rasa syukur dengan mantap

Bersyukur memiliki efek positif bagi kesehatan. Jadi, ungkapkan rasa syukur Anda dengan mantap, sambil diucapkan dengan keras juga boleh. Menurut peneliti, Robert A. Emmons, Ph.D, mensyukuri yang sudah secara ilmiah baik untuk memelihara kebahagiaan. Orang yang banyak bersyukur dan optimis menghadapi masa depan tidak akan rentan oleh berbagai penyakit karena dirinya merasa lebih baik dalam hidupnya.

4 Meditasi setidaknya 5 menit setiap pagi

Idealnya sih meditasi selama 30 menit. Tapi beberapa ahli meditasi menyebutkan cukup meditasi selama 5-10 menit secara rutin setiap pagi bisa membantu mengurangi stres dan kecemasan. Efeknya bagus ketika kita memulai rutinitas kerja, terutama dalam hal produktivitas, konsentrasi, dan pengambilan keputusan.

5. Ayo gerakkan tubuh!

Memulai hari dengan kondisi tubuh lesu? Itu tandanya tubuh Anda pasif alias jarak bergerak pada pagi harinya. Padahal menggerakkan tubuh, misalnya dengan olahraga ringan bisa meningkatkan energi dan metabolism dalam tubuh. Satu studi dari Kansas State University, Amerika mengungkapkan bahwa berolahraga  setelah malamnya berpuasa [tidak makan  sepanjang malam] akan menguras kelebihan lemak. Jadi, ayo gerakkan tubuh agar setiap hari lebih aktif dan sehat. [][@teks firza/popsugar.com | foto /191healthandfitness.co.uk/buynongmoseeds.com]