}
Jangan Panaskan Makanan Ini!
Health

Jangan Panaskan Makanan Ini!

by Andiska
Tue, 12-Dec-2017

Menghangatkan makanan biasanya dilakukan agar masakan sisa makan siang bisa kamu konsumsi kembali lain waktu. Bahkan ada yang sengaja menaruhnya di dalam kulkas kemudian memanaskannya esok hari.

Hal ini memang tidak salah, Commuters. Tapi, kamu harus tahu apa saja makanan yang malah menjadi racun ketika kamu panaskan berulang-ulang. Apa saja sih? Simak yuk!

1. Nasi
Orang Indonesia sepertinya tak lengkap kalau makan tanpa nasi. Tapi Commuters, sangat tidak disarankan untuk menghangatkan kembali nasi yang sisa. Perubahan suhu akibat pemanasan bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri spora saat nasi tersebut dingin kembali.

2. Telur
Sumber protein ini memiliki banyak nutrisi dan vitamin yang baik untuk tubuhmu. Tapi, tahu nggak sih? Kalau telur sudah melewati dua kali suhu dingin setelah dipanaskan, bagian kuning telurnya bisa menggangu sistem pencernaan. Nggak mau sakit perut kan?

3. Sayuran
Terutama untuk seledri, wortel dan bayam, jangan coba-coba untuk memanaskan kembali makanan ini karena kandungan nitrat dalam sayuran ini akan menjadi nitrit dan bersifat zat karsinogen atau pemicu kanker. Segera dihabiskan ya Commuters kalau makan sayur..

4. Kentang
Selain karbohidrat, kentang banyak mengandung zat besi dan tembaga yang sangat baik untuk otak. Tapi, kalau Commuters memanaskan kentang yang sudah dimasak bisa jadi bakteri beracun yang ada didalamnya berkembang biak. Hii.. kamu mau keracunan?

5. Jamur
Baiknya, jamur dikonsumsi saat hangat dan langsung dihabiskan. Karena, kalau kamu panaskan lagi untuk makan di waktu yang lain, jamur akan kehilangan proteinnya dan menggangu pencernaanmu. Kabarnya, bisa berpengaruh terhadap kerja jantung juga lho.. Hati-hati ya, Commuters

6. Gorengan
Kalau kamu panaskan lagi makanan ini, dijamin berat badanmu naik. Kandungan minyak dalam gorengan yang dipanaskan bisa meningkat sampai 3x lipat. Kira-kira ya seperti kamu makan minyak pakai gorengan, hehehehe..

Ingat-ingat ya Commuters, daripada makananmu mubazir dan tidak bisa dipanaskan kembali, lebih baik masak secukupnya dan segera habiskan makananmu. [][teks @andiskaraf/naturalhealth365.com | foto freepik.com]