}
Mengenal Saraf Kejepit
Health

Mengenal Saraf Kejepit

by Hagi
Thu, 11-Jan-2018

Pernah merasakan sakit pinggang atau saraf kejepit, Commuters? Rasanya pasti amat sangat menderita. Saraf kejepit punya istilah ilmiah, yakni Hernia Nukleus Pulposus atau disingkat HNP. Kondisi HNP terjadi saat bantalan atau cakram di antara tulang belakang keluar dari posisi semula dan menjepit saraf yang berada di belakangnya.

Bagian tubuh yang paling sering terkena saraf kejepit adalah di tulang pinggang [lumbal]. Selain itu juga bisa terjadi di tulang leher [cervical], atau di tulang punggung [thoracal].

Saraf kejepit bisa terjadi karena beberapa faktor, antara lain: berat badan berlebih; gaya hidup; perubahan degeneratif. Selain itu, usia lanjut; kelainan di tulang belakang; genetik; cedera/trauma akibat benturan, juga bisa menjadi penyebabnya. Sering menyetir dalam waktu yang lama; pekerjaan yang mengharuskan mengangkat beban berat, pun dapat memicu saraf kejepit. Postur tubuh yang tak diposisikan dengan benar; batuk yang lama dan terus menerus; serta tekanan di tulang belakang, juga demikian.

Penyebab saraf kejepit antara lain karena:

»    Gerakan yang salah sehingga tulang punggung mengalami penyempitan ke bawah.
»    Stres fisik akibat angkat beban berat dalam posisi membungkuk.
»    Jatuh dengan posisi membungkuk.
»    Kebiasaan sukap tubuh yang salah selama bertahun-tahun sehingga terjadi penyempitan di tulang punggung dan penjepitan di saraf.
»    Sering membawa beban berat di mas apertumbuhan sehingga saat dewasa tulang punggungnya menyempit dan menjepit saraf.

Makanan Pereda Saraf Kejepit

Makanan kaya kalium seperti pisang, alpukat, aprikot, kacang, kentang, dan air kelapa muda dapat membantu mengembalikan keseimbangan fungsi saraf dan meredakan gejala saraf kejepit. Selain kalium, makanan kaya kalsium seperti susu, keju, yoghurt, dan dedaunan hijau seperti bayam dapat membantu saraf dan meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

Pengobatan Saraf Kejepit

Olahraga yang disarankan adalah renang dan yoga. Saat berenang, terjadi gaya dorong dan gaotya tarik yang dihasilkan dari renang. Gaya ini dapat memperbaiki bentuk dan posisi tulang punggung. Lebih bagus lagi jika nerenang di air panas karena bisa melemaskan otot-otot dan saraf yang terjepit sehingga lebih cepat mengembalikan bentuk tulang punggung.

Gejala HNP Lumbal
1.    Nyeri pinggang yang menyebar ke bokong, selangkangan, tungkai.
2.    Kelemahan otot tungkai dan jari kaki.
3.    Rasa baal/kesemutan di pinggang sampai kaki.
4.    Nyeri sering timbul pada saat membungkuk atau duduk lama dan berkurang bila berbaring pada sisi yang sehat dengan tungkai agak menekuk.

Gejala HNP Cervical
1.    Keluhan sering timbul pada saat menggerakkan leher, yaitu:
2.    Nyeri di belakang kepala, leher, bahu, lengan, dan jari tangan.
3.    Kelemahan otot bahu, lengan, dan jari tangan.
4.    Rasa baal/kesemutan di leher sampai ke tangan. [][teks @evaevilia666/terapisehat.com | foto npr.org, blairchiropractic.com]