}
Diet Bukan Solusi
Health

Diet Bukan Solusi

by Andiska
Thu, 25-Jan-2018

Keinginan memiliki tubuh langsing dengan perut yang rata sudah menjadi suatu tren bagi beberapa wanita. Salah satu cara mendapatkan hal tersebut adalah dengan melakukan diet.

Diet banyak macamnya, mulai dari mengurangi karbohidrat sampai minum pil pelangsing. Hal ini nggak cuma dilakukan wanita yang mengalami masalah kegemukan, mereka yang punya perut yang sedikit buncit juga ikutan. Tapi, Commuters tau nggak sih bahaya apa aja yang akan terjadi setelah melakukan diet? Ini adalah masalah-masalah yang akan terjadi jika kamu melakukan diet menurut Linda Bacon

1. Mencerna makanan terlalu cepat. Dengan makan yang sedikit atau hanya diberi waktu beberapa jam untuk makan kemudian membiarkan perutmu kosong, bisa menyebabkan pencernaanmu akan bekerja lebih cepat dan menjadi semakin cepat tiap harinya. Akibatnya, tubuhmu akan lambat membakar kalori.

2. Kepengin banget makan makanan berlemak tinggi. Buat kamu yang sudah terbiasa makan junk food atau jajan, jangan langsung melakukan diet ketat yang drastis. Merubah jenis makanan atau pola makan yang tidak biasa kamu lakukan bisa membuat nafsu makanmu meningkat 2 kali lipat. Bahaya lho..

3. Berkurangnya enegri. Kamu jadi keliatan lesu, mudah lelah, dan suhu tubuhmu akan menurun. Hal ini disebabkan karena menu diet belum tentu bisa memenuhi kebutuhan nutrisi sehingga energi yang kamu keluarkan menjadi sedikit.

4. Kurang peka. Kepekaan terhadap rasa lapar dan kenyang menjadi sanat berkurang. Kamu akan bingung secara emosional sehingga aturan makanmu saat diet bisa saja kamu langgar sendiri. 

5. Menurunkan enzim pelepas lemak. Ini yang paling mengerikan. Kamu bisa saja sudah memiliki tubuh idaman sesuai keinginanmu. Tapi ingat, bahaya akan penyakit kolestrol bisa saja meningkat, karena diet bisa menyebabkan enzim penyimpanan lemak didalam tubuhmu meningkat.

6. Berisiko terkena penyakit berbahaya. Pengguna pil diet akan mengalami masalah serius seperti serangan jantung dan stroke karena banyak pil pelangsing yang mengandung amfetamin sehingga membuatmu kecanduan. Selain itu, ada juga pil diet dengan kombinasi antara kafein dan diuretik lainnya, yang menyebabkan dehidrasi berbahaya.

Nah, terbukti kan kalau diet bukan sebuah solusi yang tepat? Jika mau menurunkan berat badan, cobalah hal yang menyehatkan seperti menjadi vegetarian atau berolahraga minimal 30 menit sehari ya Commuters. Jadi, kamu nggak usah diet dan menanggung akibatnya di kemudian hari. [][teks @andiskaraf/thankyourbody.com, myfooddiary.com | foto freepik.com]