}
Mengapa Nenek Nyirih?
Health

Mengapa Nenek Nyirih?

by Hagi
Mon, 16-Mar-2015

Konon, nyirih mulai dilakukan masyarakat China dan India, lantas terus menyebar ke negara lainnya, termasuk Indonesia. Kebanyakan yang suka nyirih adalah orang lansia, terutama nenek-nenek.

Bagi mereka, nyirih tak cuma untuk kesehatan, tetapi juga menghormati adat dan budaya warisan nenek moyang. Di pelosok desa daerah Jawa dan Nusa Tenggara Barat, masih ada orangtua yang nyirih dan ternyata mereka tampak sehat meski usianya sangat uzur.

Inilah beberapa manfaat mereka masih senang nyirih.

1. Nyirih baik untuk kesehatan, di antaranya: menguatkan gigi, membunuh racun dalam tubuh, menyehatkan pencernaan, dan meluruhkan dahak.

2. Percaya atau tidak, orang yang suka nyirih, cenderung awet muda dan panjang usia.

3. Manfaat nyirih lainnya adalah: meningkatkan gairah kerja dan kewaspadaan, mengurangi rasa bosan, dan mengurangi rasa lapar.

4. Menurut penelitian ilmiah, campuran untuk nyirih [daun sirih, biji pinang, kapur, gambir, dan tembakau mengandung zat-zat alamiah untuk kekebalan tubuh. Jadi tak heran ya, nenek-nenek zaman dulu yang suka nyirih jarang sekali sakit.

Meski tak sekebal Superman, nenek-nenek yang nyirih selalu kebal dari bermacam penyakit hingga bisa panjang usia. [][teks @firza/berbagai sumber | foto flickr