}
Manfaat Jalan Kaki
Health

Manfaat Jalan Kaki

by Intern
Tue, 27-Feb-2018

Orang Indonesia, kata sebuah penelitian dari Universitas Stanford, Amerika Serikat, disebut malas berjalan kaki. Padahal, jalan kaki memberi banyak manfaat. Mulai dari memperkuat jantung, meningkat konsentrasi, hingga menurunkan berat badan. Commuters, apa kalian salah satu orang yang senang berjalan kaki?

Dalam penelitian yang dirilis di Jurnal Nature, disebutkan warga Hong Kong sangat rajin jalan kaki, rata-rata 6.880 langkah setiap hari. Sedangkan orang Indonesia, rata-rata berjalan kaki sebanyak 3.513 per hari.

Jumlah tersebut menempatkan Indonesia di peringkat paling buncit dari 111 negara yang terlibat dalam penelitian menggunakan aplikasi Argus tersebut.

Berjalan kaki bisa jadi merupakan hal yang sulit dilakukan bagi kebanyakan orang Indonesia. Apalagi dengan adanya kemudahan menggunakan berbagai jenis alat transportasi yang mudah digunakan. Nyatanya jalan kaki memiliki berbagai macam manfaat baik bagi kesehatan, seperti di bawah ini. Khususnya bagi kalian yang banyak menghabiskan waktu banyak untuk bekerja.

1. Meningkatkan konsentrasi

Para peneliti dari dua universitas di Denmark pernah meneliti tingkat konsentrasi anak-anak sekolah. Mereka menemukan, anak-anak yang pergi ke sekolah menggunakan mobil atau transportasi umum memiliki tingkat konsentrasi yang lebih buruk dibandingkan mereka yang mengambil rute yang lebih aktif seperti berjalan kaki atau bersepeda.

Niels Egelund mengatakan, “Tingkat konsentrasi meningkat empat jam setelah berjalan kaki dibanding menggunakan alat transportasi untuk bepergian.” Tentunya hal ini juga berlaku bagi para pekerja.

2. Menguatkan fungsi jantung

Berjalan kaki merupakan salah satu olahraga kardio yang cukup baik. The Stroke Association menyatakan bahwa kegiatan berjalan kaki selama 30 menit per hari dapat mencegah dan mengontrol tekanan darah tinggi Anda sampai 27%.

3. Memperpanjang usia