}
Manfaat Lari yang Wajib Diketahui!
Health

Manfaat Lari yang Wajib Diketahui!

by Intern
Tue, 13-Mar-2018

Olahraga lari tidak hanya murah, tapi juga mudah dan bisa dilakukan kapan saja. Lari memiliki banyak manfaat bagi tubuh, seperti memperlancar aliran darah, meningkatkan kesehatan dan kebugaran tubuh. Di samping itu, lari juga dapat memicu pengeluaran hormon dan enzim yang merangsang jantung dan otot bekerja lebih baik.

Commuters, sudah meluangkan waktu untuk olahraga larikah? Beberapa manfaat lari ini harus diketahui nih..

1. Mengurangi Berat Badan

Tidak harus menggunakan metode diet ketat untuk mengurangi berat badan, ketika berlari dengan jarak 1,5 km, secara cepat, dapat membakar kurang lebih 100 kalori dari dalam tubuh. Waah yuk dicoba!

2. Baik untuk Kesehatan Lutut

Melakukan olahraga lari dapat bermanfaat juga nih untuk lutut agar semakin sehat, bahkan pada penderita arthritis sekalipun.

Studi menunjukkan bahwa orang-orang yang melakukan olahraga lari dapat menurunkan risiko arthritis pada lutut dan pinggul, serta merangsang pertumbuhan tulang rawan pada lutut.

3. Mencegah Osteoporosis

Olahraga lari dapat memicu pembentukan sel-sel tulang baru lho, Commuters. Hal ini yang membuat tulang menjadi lebih kuat dan dapat menurunkan risiko terkena osteoporosis.

4. Mencegah Penyakit Jantung Koroner

Penelitian menunjukkan bahwa melakukan olahraga lari teratur dan lebih dari 50 menit dalam seminggu dapat menurunkan risiko penyakit kardiovaskuler. Selain melakukan olahraga teratur, kita perlu menunjangnya dengan makanan yang sehat dan gaya hidup yang sehat.

5. Mencegah Demensia

Jurnal yang dibuat oleh American Geriatrics Society mengungkapkan bahwa orang-orang yang memiliki rutinitas lari pagi sejak remaja akan mengurangi risiko kepikunan di saat usia senja.

6. Mencegah Diabetes

Proses pembakaran pada olahraga tak hanya pada kalori melainkan juga kolesterol pada tubuh. Turunnya berat badan ketika rutin lari membuktikan bahwa kandungan kalori dan kolesterol yang menumpuk perlahan-lahan jadi berkurang. Penelitian menemukan bahwa dengan berlari di pagi hari bisa mengurangi risiko diabetes hingga 5%.

7. Mencegah Kanker Usus

Studi terbaru yang dilakukan di British Journal of Cancer menemukan bahwa dengan aktif olahraga lari selama 5-6 jam dalam seminggu akan membuat risiko kaker berkurang hingga 24%. Terutama risiko kanker pada usus besar.

Commuters, untuk benar-benar mendapatkan hasil yang maksimal dari manfaat lari pagi ini, maka perlu serius melakukan rutinitas ini yaa. Semoga bermanfaat! [][teks @syahrima | foto pexels.com, berbagai sumber]