}
Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan
Health

Manfaat Bersepeda untuk Kesehatan

by Intern
Mon, 19-Mar-2018

Olahraga bersepeda adalah salah satu cara untuk membuat tubuh tetap bugar dan menyenangkan. Bersepeda banyak manfaatnya  lho. Yuk simak beberapa manfaat bersepeda untuk kesehatan yang patut kalian ketahui.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Menurut Dr Jason Gil dari Universitas Glasgow, orang yang rutin bersepeda dapat membuat tubuh lebih bugar dan mengurangi 45% risiko terkena kanker.

2. Meningkatkan Kekuatan Otot

Saat sedang mengayuh sepeda, otot tubuh akan menjadi lebih kuat dan fleksibel. Selain itu, keseimbangan tubuh juga ikut terlatih.

3. Menurunkan Tingkat Stres

Commuters, mulai penat dengan kegiatan sehari-hari? Sisihkan waktu untuk bersepeda yuk! Saat bersepeda, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin. Hormon tersebut memicu rasa nyaman dan suasana hati yang lebih positif, tingkat stres pun bisa berkurang lho.

4. Menjaga Berat Badan

Selain diet, bersepeda juga bisa nih menjaga berat badan. Pembakaran kalori atau tingkat metabolisme tubuh jadi meningkat saat  bersepeda.

5. Menghalau Keluhan Sakit Pada Punggung

Jika sering mengeluhkan sakit pada punggung, cobalah untuk rutin bersepeda. Keluhan itu tidak akan kalian rasakan kembali.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Fisioterapis di Klinik AktivHealth mengatakan bahwa bersepeda mengurangi kadar kolesterol darah, sehingga dapat meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru. Dengan bersepeda, kalian bisa mengurangi risiko penyakit kardiovaskular juga.

7. Menghindari Diabetes

Menurut beberapa ahli, bersepeda dapat menjaga kadar gula darah teratur. Kalian bisa terbebas dari penyakit diabetes kemudian hari.

8. Mencegah Obesitas

Obesitas adalah penumpukan lemak yang tinggi di dalam tubuh, sehingga membuat berat badan berada di luar batas ideal. Cegah obesitas dengan bersepeda, yuk.

Manfaat lain dari bersepeda adalah bebas dilakukan kapanpun. Commuters bebas memilih waktu untuk bersepeda. Dapat dikatakan bahwa bersepeda sebagai olahraga yang dilakukan dengan fleksibel. Atur waktu untuk bersepeda yuk Commuters. [][teks @syahrima/manfaat.co.id | foto pexels.com]