}
7 Pose Yoga Sederhana Bikin Perut Rata
Health

7 Pose Yoga Sederhana Bikin Perut Rata

by Pohan
Fri, 29-May-2015

Sebagian orang menganggap bahwa perut buncit itu seksi. Tapi ada juga yang rela memperjuangkan segala cara demi mendapatkan perut rata. Mereka diet mati-matian dan melakukan aktivitas olahraga berat. Ada nggak sih cara yang sederhana supaya perut kita rata? Ini jawabannya:

1. Pose Tadasana

Awali yoga dengan gerakan ini. Caranya, berdiri tegak di atas matras dan letakkan tangan di samping badan. Kemudian jinjit dan tarik kedua tangan ke atas sambil menarik nafas. Setelah 5 detik, kamu bisa kembali menapak pada matras sembari menghela nafas. Lakukan 5-10 kali.


2. Pose Padahastasana

Gerakan ini bisa membuat perut buncitmu lenyap. Caranya, berpose tegak lalu angkat tangan ke bagian atas sembari tarik nafas. Kemudian letakkan tangan pada telapak kaki sembari menghembuskan nafas, lalu bertahan dengan pose ini selama 60 detik. Jika belum terbiasa, jangan memaksakan diri untuk pose yang sempurna hingga wajahmu benar-benar menghadap lutut. Lakukan 5-10 kali.


3. Pose Paschimottanasana

Gerakan ini dilakukan dengan cara duduk di atas matras dengan kaki lurus ke depan. Pastikan tulang punggung tetap tegak. Kemudian tarik nafas dan kempeskan perutmu. Pegang kedua kaki sembari mencium lutut kaki. Tahan selama 60 detik. Ingat, jangan memaksakan sikap sempurna jika belum terbiasa. Lakukan 5-10 kali.

4. Pose Pavanamuktasana

Rebahkan tubuhmu dan selonjorkan kakimu. Ambil nafas perlahan, angkat wajah, dan kaki kananmu. Cium lutut sembari menghembuskan nafas. Pastikan punggung tetap rata di matras. Ulangi gerakan ini sebanyak 5 kali. Agar gerakan makin sempurna, kamu bisa melakukan tiga tahap berikut:

Pertama, kaki kiri sebanyak 5 kali
Kedua, kaki kanan sebanyak 5 kali
Ketiga, dua kaki bersamaan sebanyak 5 kali.



5. Pose Naukasana

Berbaringlah di atas matras dan rapatkan kaki dan tangan dalam sikap sempurna. Tarik nafas perlahan dan angkat lengan, kepala, dan bahumu ke atas. Angkat juga kakimu hingga posisi seperti gambar di bawah. Pusatkan beban tubuh pada bagian pusar, tahan selama 30-60 detik, dan ulangi sebanyak 5 kali.

6. Pose Uttanpadasana

Berbaring di kasur atau matras dengan posisi sempurna, kaki lurus dan tangan di samping. Angkat kakimu secara perlahan hingga 40 derajat sampai tegak lurus. Tahan posisi ini selama 60 detik. Kemudian turunkan secara perlahan dan kembali sikap sempurna. Ulangi gerakan ini sebanyak 5-10 kali.

7. Pose Bhujangasana

Rebahkan tubuh dalam posisi tengkurap dan luruskan kaki di atas matras. Letakkan telapak tangan tepat di bawah bahu. Tekan telapak tangan dan angkat tubuhmu secara perlahan seperti gambar di bawah ini sembari menarik nafas. Tahan gerakan ini dalam hitungan 60 detik. Setelah itu kembali ke posisi tengkurap sembari menghelakan nafas. Jangan memaksakan diri sampai tubuh bisa tegak lurus, kamu bisa melatihnya dengan perlahan. Lakukan 5-10 kali.

[][teks @pohanpow | foto hipwee.com/heavenlyyoga.com]