}
Tidak Nafsu Makan?
Health

Tidak Nafsu Makan?

by Pohan
Tue, 27-Mar-2018

Commuters, sudah makan? Nah, bagi yang sedang mengalami tidak nafsu makan kudu waspada. Ya, berkurangnya selera makan bisa disebabkan beberapa hal di antaranya infeksi, penyakit, stres atau kelelahan. Hal tersebut jika sudah berlarut-larut, sebaiknya konsultasi juga ke dokter. Namun, untuk mengatasi tidak nafsu makan sementara bisa mengonsumsi berikut ini:

1. Makanan tinggi kalori

Siapkan sarapan roti dengan selai kacang daripada meises cokelat. Makanan lain yang tinggi kalori antara lain ubi, jagung, mentega, keju, santan kelapa, dan salmon.

2. Guna rempah-rempah

Kayu manis, jahe, dan lada berkhasiat untuk menambah selera makan. Selain untuk masakan, bahan-bahan tersebut bisa juga diminum.

3. Sayuran pahit

Makan daun singkong, daun pepaya, atau sawi pahit. Jika rasa pahitnya malah semakin tidak nafsu makan, siasati dengan masakan berbahan dasar santan yang gurih dan tinggi kalori.

4. Sayuran penambah nafsu makan

Sayuran tomat, timun, bawang putih mentah, dan lobak kaya vitamin dan zat yang bisa membantu mengembalikan nutrisi yang hilang atau melawan infeksi.

5. Buah-buahan untuk pencernaan

Konsumsi buah-buahan seperti anggur, lemon, apel, dan beri hitam [blackberry] yang bisa merangsang produksi enzim dan cairan empedu demi menjaga sistem pencernaan bekerja dengan baik. [][teks @pohanpow/hellosehat.com | foto berbagai sumber]