}
Bawa Bekal Nasional
Health

Bawa Bekal Nasional

by Dewi
Thu, 12-Apr-2018

Hari Puisi Nasional diperingati pada tanggal meninggalnya penyair Chairil Anwar, diputuskan untuk menjadi hari puisi dalam rangka mengenang sang penyair dan karya-karyanya. Hari Patah Hati Nasional muncul bertepatan dengan menikahnya artis cantik sang pujaan hati dan diikrarkan oleh kaum yang terpatahkan hatinya dengan peristiwa itu. Gimana dengan Hari Bawa Bekal Nasional yang diperingati tanggal 12 April?

Commuters, ini masalah serius. Walau pemrakarsa peringatan itu adalah sebuah merk dagang dari Amerika, tapi mereka menggandeng Kementerian Kesehatan RI, Kementerian Pendidikan Nasional RI, serta Badan Pengawas Obat dan Makanan [BPOM]. Alasannya, karena ternyata masih banyak anak Indonesia yang jajanan di sekolahnya nggak memenuhi syarat kesehatan. Plus, dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 39/2008 tentang Pembinaan Kesiswaan, pada pasal 3 diamanatkan materi pembinaan siswa yang meliputi kualitas jasmani, kesehatan, dan gizi. Salah satu turunan dari amanat itu adalah "melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah."

Saya pernah mencoba nyolek-nyolek kedua departemen yang disebutkan di atas melalui akun twitter saya. Terinspirasi dari proyek Food Revolution-nya Jamie Oliver [chef dari Inggris], saya kepengin banget makanan yang ada di kantin-kantin sekolah dikontrol pihak sekolah. Bukan cuma soal variasinya, tapi juga gizinya. Bayangin, anak-anak berada di sekolah dari pagi sampai sore, makan siang sudah pasti di kantin sekolah. Begitu juga makanan selingan. Kalo tiap hari makanannya, mohon maaf ya ibu-ibu kantin, kurang baik untuk kesehatan anak-anak, ya kasian kan?

Nah sambil nunggu hal itu terjadi, jika kita ingin anak-anak mengonsumsi makanan yang sehat, bawain deh bekal dari rumah. Pagi-pagi repot? Buat anak sendiri, biar sehat, ya sempetin lah.. Bekalnya juga harus diperhatikan gizinya lho. Ada karbohidratnya, ada proteinnya, sayuran, dan buah. Yang juga harus diperhatikan, sebisa mungkin kurangi makanan yang digoreng. Atau pastikan minyak yang digunakan untuk menggoreng adalah minyak sehat, dan tiriskan makanan hingga minyaknya berkurang sebelum dimasukkan ke kotak makanan. Untuk anak-anak yang masih kecil, sebaiknya kita juga rajin berkreasi dalam tampilan makanan bekalnya, supaya anak tertarik dan mau menghabiskan bekal. Oya, tunggu hingga makanan sudah tidak terlalu panas sebelum menutup kotaknya ya, supaya makanan bisa lebih tahan lama.

Bawa bekal nggak cuma untuk anak-anak, Commuters. Orang dewasa pun jika ingin mendapatkan makan siang yang sehat dan bergizi, sangat disarankan untuk bawa sendiri dari rumah. Dan bagusnya lagi, kita bisa menakar sendiri gizinya sesuai kebutuhan tubuh dan kondisi kesehatan kita. Dan catat, jangan malas untuk menentukan menu-menunya di awal minggu. Siapapun pasti bosan kalo tiap hari makan menu yang itu-itu aja.. [][teks @tantedow/berbagai sumber | foto youthmanual.com & adutchview.com]