}
Mengenal Cryotherapy
Health

Mengenal Cryotherapy

by Hagi
Fri, 20-Apr-2018

Commuters pernah dengar istilah Cryotherapy? Eh, Cryo apa? Uhm, kemungkinan belum pernah ya?

Cryotherapy, atau biasa disebut Cryo saja, adalah sebuah terapi penyembuhan penyakit menggunakan metode dingin. Cryotherapy atau Cryosurgery sudah digunakan untuk memerangi kanker sejak tahun 1850 di Inggris. Terapi yang ditemukan dr James Arnott ini digunakan untuk menyembuhkan kanker, jauh sebelum munculnya kemoterapi.

Ilmuan Inggris James Dewar mengembangkan tabung vakum sebagai wadah gas cair pada 1892. Tujuannya meningkatkan proses pemulihan, mengurangi kejang dan nyeri otot, serta memperlambat penuaan sel-sel tubuh.

Cara kerja terapi ini adalah dengan memasukkan pasien ke dalam tabung vakum yang disebut cryosauna. Di dalam cryosauna itu, pasien mulai diselubungi kabut nitrogen yang disemprotkan ke dalam bak. Kabut kering ini memberikan efek dingin pada kulit, tetapi bagian dalam tubuh pasiennya tetap hangat. Sifat nitrogen tidak beracun sehingga aman digunakan sebagai salah satu bagian dari terapi.

Terapi pengobatan ini akan menghancurkan jaringan tidak normal seperti kanker menggunakan suhu dingin yang ekstrem. Bedanya dengan kemoterapi yang berdampak buruk karena melemahkan sel-sel baik, Cryo punya konsekuensi menyakitkan yang lebih kecil. Meski begitu, pengobatan dengan metode Cryo juga punya efek samping. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter dulu ya. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto cryocurecenter.com, greatlist.com]