}
Waktu Terbaik Minum Obat
Health

Waktu Terbaik Minum Obat

by Andiska
Fri, 25-May-2018

Kebiasaan dari sebagian orang adalah minum obat sesuai yang dianjurkan dokter dengan waktu yang mengira-ngira. Karena nggak tau waktu paling tepat minum obat, kamu hanya memperhatikan "berapa kali" kamu minum obat walaupun dengan waktu yang salah.

Misalnya, untuk petujuk penggunaan obat 3×1 sehari, obat harus diminum 3 kali sehari. Obat yang diminum 3x sehari adalah obat yang diminum dengan jarak waktu 24 jam dibagi 3. Artinya setalah meminum obat pertama, kamu harus menunggu waktu 8 jam untuk minum obat kedua, begitu juga untuk obat ketiga. 

Kalau sudah paham dengan pembagian waktu yang tepat untuk minum obat. Kamu harus menentukan waktu pertama minum obat yang tepat supaya tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Baiknya, mulailah minum obat dari jam 6 atau 7 pagi.

Saat memulai minum obat pertama di jam 6 pagi, maka obat kedua harus diminum pada jam 2 siang dan melanjutkan minum obat ketiga  jam 10 malam.

Penggunaan obat lainnya seperti 2x sehari juga memiliki pengaturan yang sama, 24 jam dibagi 2 untuk minum obat setiap 12 jam sekali. Lalu obat yang diminum 1x sehari artinya kamu harus minum obat setiap hari di jam yang sama.

Commuters, mulai sekarang jangan minum obat di waktu yang gak tepat yaa. Walaupun sepele, tapi dampaknya besar banget buat kesembuhanmu. [][teks @andiskaraf/apotekeranda.com | foto pixabay.com, NetDoctor]