}
Ketahui Penyebab Suara Serak dan Hilang
Health

Ketahui Penyebab Suara Serak dan Hilang

by Intern 2
Mon, 28-May-2018

Suara serak dan hilang tentu akan mengganggu aktivitas terutama dalam berkomunikasi. Namun, sebenarnya apa sih penyebab suara menjadi serak atau hilang?

Suara serak adalah kondisi ketika suara Anda mengalami perubahan yang tidak normal, pada umumnya berubah menjadi parau dan berat. Kondisi ini bisa bersifat sementara [akibat penyakit] dan bersifat permanen [akibat pertambahan usia pada pria].

Beberapa faktor yang bisa membuat suara menjadi serak, salah satu yang paling umum adalah infeksi pada saluran pernapasan atas akibat virus yang menyebabkan pita suara mengalami inflamasi [laryngitis]. Selain itu, suara serak dan hilang juga dapat disebabkan faktor berikut ini lho, Commuters.

#Batuk terus-menerus

Batuk pada umumnya dapat sembuh dengan sendirinya dalam waktu kurang dari 3 minggu sehingga tidak memerlukan penanganan khusus. Namun jika melebihi waktu tersebut batuk tidak kunjung sembuh maka perlu konsultasikan ke dokter. Batuk yang tak kunjung sembuh ini pun bisa menjadi penyebab suara serak dan hilang.

#Laryngitis akut

Laryngitis, penyebab paling umum suara serak atau kehilangan suara, terjadi ketika kotak suara teriritasi atau adanya peradangan. Sehingga, menyebabkan pembengkakan yang membuat pita suara terganggu untuk membuka dan menutup dengan lancar.

Kondisi ini umumnya disebabkan oleh virus seperti flu dan jarang akibat infeksi bakteri, karena itu biasanya tidak akan merespons jika diberi antibiotik. Ketika pita suara terinfeksi oleh virus, maka ia akan membengkak dan menyebabkan hilangnya suara atau menjadi serak.

#Laryngitis kronis 

Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa minggu atau bulan.

Beberapa hal bisa mendasari kondisi ini yang biasanya akibat paparan dari iritan [zat yang bisa mengiritasi] seperti tekanan yang terus menerus pada pita suara, sinusitis kronis, infeksi ragi [akibat sistem kekebalan tubuh yang lemah] serta terpapar asap atau gas yang mengandung zat kimia.

#Merokok dan konsumsi alkohol

Zat kimia yang terkandung di dalam rokok dan alkohol bisa menyebabkan suara menjadi serak, terutama jika sudah berlangsung dalam jangka waktu lama. Namun jika suara serak yang terjadi sudah lebih dari 3 minggu sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena rokok dan alkohol bisa meningkatkan risiko kanker kerongkongan.

#Paparan asap rokok dalam jangka panjang

Nah, jangan sangka Commuters, bukan hanya perokok saja yang bisa mengalami suara serak dan hilang, melainkan terkenan paparan asap rokok secara terus-menerus pun dapat menyebabkan suara serak dan hilang.

#Akibat asam yang berbalik ke kerongkongan [acid reflux]

Ketika tidur berbaring di malam hari, asam dari perut bisa berbalik ke kerongkongan sehingga mempengaruhi atau mengiritasi pita suara. Jika jumlah asam di perut terlalu berlebihan sebaiknya konsultasikan dengan dokter untuk menguranginya.

#Menggunakan suara secara berlebihan

Kondisi ini paling sering terjadi pada orang yang pekerjaannya selalu berbicara dan penyanyi. Menyalahgunakan suara secara berlebihan bisa menimbulkan gangguan pada pita suara seperti menyebabkan kista atau perdarahan. Biasanya terjadi jika sering berbicara dengan keras, teriak atau terlalu banyak berbicara.

#Masa pubertas [pada pria]

Perubahan suara pada laki-laki yang sedang mengalami masa pubertas juga merupakan penyebab suara serak dan hilang. Jadi, Commuters jangan kuatir dulu apabila suara Anda serak dan hilang, kemungkinan Anda sedang masa pubertas.

Nah, sudah tahu kan penyebab suara serak dan hilang. Mulai sekarang jangan kuatir ya apabila Commuters mengalami suara serak dan hilang. Kenali dulu penyebabnya kemudian konsultasikan ke dokter. [][teks @yolabonnita/berbagai sumber | foto detik.com, mediaindonesia.com]