}
Manfaat Alpukat Si Buah Sehat
Health

Manfaat Alpukat Si Buah Sehat

by Hagi
Sun, 01-Jul-2018

Commuters suka alpukat? Alpukat atao apokat, avokad, [Persea americana] adalah buah asal Meksiko dan Amerika Tengah yang dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan monokultur. Nama alpukat [dari bahasa Inggris, avocado] berasal dari bahasa Aztek, ahuacatl [dibaca "awakatl"].

Pohon alpukat bisa mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunga alpukat tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 mm. Ukuran buah bervariasi dari 7 hingga 20 cm, dengan massa 100 hingga 1.000 gram dengan biji yang besar sekitar 5 hingga 6,4 cm. Buahnya memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecokelatan, tergantung pada varietasnya.

Alpukat sangat bergizi dan mengandung berbagai macam nutrisi, termasuk 20 vitamin dan mineral yang berbeda. Nutrisi yang terkandung dalam alpukat antara lain: Vitamin K, C, B5, B6, E, Asam Folat, dan Kalium. Selain itu, alpukat juga mengandung Magnesium, Mangan, Tembaga, Besi, Seng, Fosfor, Vitamin A, Tiamin, Riboflavin, dan Niasin.

Dalam 100 gram alpukat terdapat 160 kalori, 2 gram protein, 15 gram lemak sehat, serat, dan karbohidrat rendah. Alpukat bermanfaat untuk mencegah bau mulut, membantu menjaga kesehatan kulit, melindungi hati dari kerusakan dan penyakit. Alpukat juga membantu mengobati kekurangan vitamin K, menjaga mata tetap sehat, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

Mengonsumsi terlalu banyak alpukat dapat menimbulkan migren, mual, muntah, dan sensitivitas terhadap cahaya. [][teks @evaevilia666/berbagai sumber | foto rd.com, sbs.com.au]