}
Olahraga Berbasis Aplikasi
Health

Olahraga Berbasis Aplikasi

by Intern 2
Tue, 07-Aug-2018

Commuters, masih suka bermalas-malasan untuk berolahraga?

Duh, nggak jaman deh, karena di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini pun hadir berbagai macam aplikasi yang mampu membuat kalian lebih bersemangat untuk berolahraga.

Daripada penasaran dan udah nggak sabar mau olahraga, yuk coba beberapa aplikasi olahraga ini, Commuters.

#1 7 Minute Workout

Suka bingung mau olahraga tapi nggak punya peralatan atau perlengkapannya?

Mulai sekarang nggak usah kuatir, karena kini hadir aplikasi olahraga yang dapat membantu kalian dapat berolahraga dengan memanfaatkan benda-benda yang ada di sekitarmu, yaitu 7 Minute Workout.

7 Minute Workout ini merujuk pada sistem olahraga 7 menit per/set dan gerakan-gerakannya pun sudah disiapkan instruktur.

Setiap perpindahan gerakan diberi jeda 10 detik. Totalnya ada 13 variasi gerakan dengan durasi masing-masing 30 detik.

Untuk mendapatkan hasil maksimal, lakukan lebih dari 1 set per harinya.

Nah, mulai sekarang rajin berolahraga ya, Commuters. Selain murah dan mudah, berolahraga dengan 7 Minute Workout ini pun sekaligus mengasah kreativitas, lho. Sejauh mana kalian bisa berkreasi untuk menggunakan benda-benda untuk berolahraga.

#2 MyFitness Pal

Berbeda dengan 7 Minute Workout, MyFitnessPal justru aplikasi canggih sebagai penghitung dan pengontrol kalori yang masuk ke tubuh kalian.

Dengan MyFitnessPal kalian bisa mengetahui berapa kalori yang masuk dalam tubuh saat makan.

Agar kalori tubuh terkontrol dengan baik dan tidak sembarangan makan, sebaiknya cek dulu kandungan kalori makanan tersebut demi menciptakan dan menjaga berat badan yang ideal.

#3 Abs Workout Six Pack

Selain faktor penampilan, fitnes juga bermanfaat untuk kesehatan.

Nah, buat kalian yang mendambakan perut kotak-kotak, seperti Ade Rai. Abs Workout bisa memandu kalian dan memberikan instruksi kepada kalian bagaimana cara mendapat perut six packs.

Abs Workout akan memandu kalian dengan jadwal kebugaran selama 42 hari tanpa henti. Total ada 6 paket yang bisa kalian coba.

Sesuai dengan namanya, Abs Workout juga memberikan paket-paket latihan yang bisa berfungsi untuk mengencangkan perut.

Dengan aplikasi semacam ini pun, keinganan mendapatkan perut langsing dan rata pun bisa kamu dapatkan tanpa harus ke tempat gym.

#4 Google Fit

Siapa tak tahu Google? Ternyata Google tidak hanya memiliki situs pencarian saja, tetapi juga mempunyai aplikasi yang bisa memandu kalian berolahraga, yaitu Google Fit.

Dengan Google Fit, kalian bisa merekam berapa jauh kalian berlari dan berapa lama durasi workout atau aktivitas yang kalian lakukan, serta berapa kalori pada tubuh kalian yang terbakar.

Di Google Fit juga dapat merekam hasil track record kalian, sehingga bisa membuat kalian lebih semangat untuk melakukan peningkatan setiap harinya.

Selain situs pencariannya yang bermanfaat, ternyata aplikasi olahraga dari Google Fit pun bisa menjadi instruktur sekaligus teman berolahraga terbaik kalian ya, Commuters. Setuju nggak?

#5 Pocket Yoga

Yoga merupakan sebuah sarana meditasi untuk mengajak para pelakunya untuk kembali ke alam, kemudian mengalihkan semua pikiran kusut yang membuat stress di kepala menjadi sebuah ketenangan dengan napas yang teratur dan disalurkan ke gerakan tubuh.

Tujuan utama yoga adalah mencapai moksha atau kebebasan. Kebebasan dari sesuatu yang mengikat, seperti kecemasan, ketakutan, ketidakpercayaan diri, serta banyak makna lain.

Nah, buat kalian yang sudah lama tertarik dengan yoga, kini yoga pun bisa kalian lakukan di rumah dan ditemani sekaligus dipandu oleh aplikasi Pocket Yoga, sebuah aplikasi yang akan memberi kalian panduan posisi yoga baik melalui visual maupun audio.

Beragam pose dan latihan tersedia lengkap di Pocket Yoga. Totalnya ada 200 gerakan yoga yang bisa kalian pelajari di rumah.

Meski awalnya berkaitan dengan kepercayaan Umat Hindu, yoga juga telah diakui sebagai jalan meditasi yang bermanfaat untuk kesehatan diri dan setara dengan olahraga yang membakar kalori.

#6 Nike+Run

Kalau aplikasi olahraga yang satu ini pasti kalian udah nggak asing lagi ya, karena aplikasi olahraga ini telah fenomenal di masyarakat.

Nike+Run pada dasarnya punya kemampuan mencatat jarak dan waktu lari yang kalian lakukan melalui GPS.

Awalnya aplikasi ini hanya bisa diakses di produk Apple, tapi sekarang sudah bisa didapatkan juga di Google Play untuk versi androidnya.

Dengan aplikasi Nike+Run kalian bisa melakukan saingan dengan lawan lari kalian, karena Nike+Run  punya fitur yang menghubungkan akun-akun Nike+Run untuk membandingkan satu pelari dengan yang lainnya.

Selain itu, hasil yang tercatat di Nike+Run pun bisa langsung dishare ke media sosial, sehingga semakin banyak orang yang terinspirasi dengan kalian. Semangat!

#7 Runkeeper

Mau berolahraga tapi perlu mengetahui kesehatan juga?

Jangan kuatir Commuters, kalian bisa gunakan aplikasi Runkeeper. Selain bisa melacak kinerja olahraga, aplikasi ini juga bisa mengukur detak jantung kalian setelah melakukan jogging.

Di Runkeeper kalian bisa membuat rute lari sesuai keinginan dan bisa membuat rencana kebugaran sendiri.

Kalau kalian berniat untuk mengikuti perlombaan semacam maraton, Runkeeper cocok jadi teman latihan kalian sehari-hari.

Nah, banyak banget kan aplikasi yang bisa membantu kalian untuk berolahraga. Tinggal pilih deh, aplikasi mana yang paling cocok dengan kalian.  

Mulai sekarang rajin berolahraga ya, Commuters. Selamat berlatih!

Jangan lupa hasil latihannya dishare juga ke social media ya biar banyak orang yang terinspirasi juga. [][teks @yolabonnita | foto coachmag.com, bodyinmindinstitute.com, hipwee.com]