}
5 Mitos tentang Six-Pack
Health

5 Mitos tentang Six-Pack

by Intern 2
Wed, 15-Aug-2018

Commuters, memiliki perut six-pack memang merupakan obsesi dan impian semua pria.

Sayangnya, sebagian pria beranggapan bahwa melalui hanya latihan sit-up saja pun, perut akan terbentuk menjadi enam kotak. Nyatanya hal tersebut tidak benar.

Kemudian banyak yang memilih jalan pintas untuk membentuk otot perut secara instan.

Padahal, tentu jauh lebih baik memperoleh six-pack secara bertahap dengan menyeimbangkan antara aktivitas fisik dan asupan nutrisi.

Namun, rupanya mitos telah membentuk persepsi yang keliru pada beberapa pria tentang perut six-pack.

Nah, penasaran kan selama ini kalian tuh sebenarnya telah percaya mitos tentang six-pack yang seperti apa saja? Berikut LINIKINI bagikan beberapa mitos yang keliru tentang six-pack menurut Mens Journal.

#1 Pria Sudah Terlahir Six-Pack

Tubuh atletis dengan otot proporsional itu nggak bisa didapat tanpa kerja keras lho, Commuters, tetapi butuh niat yang tinggi dan kerja keras untuk mendapatkannya.

Namun, beberapa pria masih ada yang beranggapan kalau perut six-pack sebenarnya telah ada sejak lahir.

Kalau kalian percaya hal itu, berarti selama ini persepsi kalian tentang perut six-pack itu salah. Kalian butuh komitmen dan kedisiplinan yang tinggi dalam menjalankan semua pola hidup sehat secara konsisten agar mendapatkan bentuk tubuh atletis dan perut six-pack tentunya.

"Semua manusia memiliki set washboards abs yang indah, hanya saja kebanyakan enam paket pria tersembunyi di bawah lapisan lemak, dan satu-satunya cara untuk mendapatkan perut pahatan yang diberikan oleh ibu adalah menurunkan lemak tubuh secara keseluruhan melalui diet dan olahraga yang sehat," kata Cedric Bryant, kepala petugas sains di American Council on Exercise [ACE] seperti dilansir dari Mens Journal.

#2 Latihan Bisa Mengimbangi Pola Makan yang Buruk

Memang untuk membentuk perut menjadi six-pack itu harus memerlukan usaha keras dan serius, namun apabila kalian tetap menyepelekan pola makan, ya sama aja dong Commuters, perut six-pack idaman kalian pun pastinya nggak akan terbentuk.

“Anda juga harus diet makan yang masuk akal untuk mengurangi massa tubuh dan lemak tubuh secara keseluruhan, atau Anda tidak akan melihat hasil kerja Anda," jelas Cedric Bryant dikutip dari Mens Journal.

Nah, jadi kalian nggak usah memaksakan latihan dan aktivitas fisik terlalu berat, sedangkan pola makan kalian saja pun masih buruk ya, Commuters.

#3 Mengonsumsi Makanan yang Membakar Lemak

Selain mengatur pola makan, tetapi memilih makanannya pun harus diperhatikan lho, karena beberapa pria masih menerapkan pola makan untuk mendapatkan perut six-pack-nya tersebut dengan instan, yaitu mengonsumsi makanan yang mampu membakar lemak.

Nyatanya, seperti dilansir dari Mens Journal, pernyataan hal tersebut salah.

"Perusahaan makanan tertentu menargetkan lemak perut karena kedengarannya lebih baik, tetapi itu adalah mitos total. Pasti ada makanan yang dapat membantu Anda menurunkan berat badan, seperti kaya serat gelap, sayuran berdaun dan buah jeruk. Tetapi mengonsumsi banyak makanan justru akan membantu Anda bersandar secara keseluruhan, tidak hanya di wilayah perut," kata Anna Renderer Opens A New Window, pelatih kinerja dan ahli kebugaran luar untuk Gatorade Sports Science Institute Opens A New Window.

#4 Memilih Latihan Cepat dan Intensif

Lagi dan lagi, cara instan apapun pasti dilakukan agar mendapatkan tubuh atletis dan bentuk perut six-pack, namun kembali lagi hal yang instan dan cepat justru persepsi yang salah dan keliru.

Seperti dikutip dari Mens Journal, saat melakukan latihan inti, sebaiknya mengikuti tempo yang lambat atau sedang, artinya tidak pernah cepat latihannya.

#5 Melakukan Workout Setiap Hari

"Sangat baik untuk melatih tubuh Anda setiap hari - selama Anda mengombinasikan latihan Anda. Jika Anda hanya melakukan crunches hari demi hari, tanpa istirahat, Anda akan melukai rectus abdominis [six-pack abs] Anda dan tidak mendapatkan keuntungan yang Anda cari," Jelas Anna Renderer, pelatih kinerja dan ahli kebugaran luar untuk Gatorade Sports Science Institute Opens A New Window.

Ia justru menyarankan untuk memilih tiga latihan inti yang bekerja pada badan melalui berbagai bidang gerak, seperti papan, tikungan duduk, dan side-up miring. Lakukan itu setiap hari selama seminggu dan kemudian aktifkan.

Pelatih kinerja dan ahli kebugaran ini juga mengatakan sebenarnya tidak bermasalah apabila memasukkan sit-up ke dalam rutinitas. Namun, tidak melakukan semuanya setiap hari untuk menghindari cedera stres yang berulang.

Nah, mulai sekarang sudah tahu kan Commuters mana persepsi yang salah dan benar untuk mendapatkan bentuk tubuh six-pack. Selamat berolahraga! [][teks @yolabonnita | foto menshealth.com, mensfitness.com]