}
Akibat Kurang Tidur
Health

Akibat Kurang Tidur

by Sherra
Wed, 17-Jun-2015

Banyak sih alasan kenapa kita suka begadang. Entah itu karena ada tugas yang menumpuk, insomnia, atau memang rutinitas yang membuat kita kurang tidur. Tapi mesti diwaspadai lho dampak buruknya. Berikut adalah beberapa dampak buruk akibat kurang tidur selain mengantuk tentunya..

1. Emosian

Nah, hati-hati aja nih sama mereka yang kurang tidur. Pasalnya, rasa lelah mengakibatkan proses berpikir, mengingat, dan belajar jadi terganggu. Mood pun jadi kacau dan mudah tersinggung.

2. Sakit kepala

Para ilmuwan belum tahu persis bahwa kurang tidur bisa bikin sakit kepala. Tapi setelah diperhatikan, migrain dapat dipicu karena begadang. 36-58% penderita gangguan tidur bangun dengan sakit kepala berat.

3. Sulit belajar

Memori jangka pendek adalah kunci yang menentukkan efektivitas pembelajaran. Kalau orang tersebut kurang tidur, dia jadi kurang konsentrasi. Pada akhirnya, dia akan sulit mengingat pelajaran dan kemampuan belajar memburuk.


4. Berat badan meningkat

Jadi, saat kamu begadang, hasrat tubuh untuk mendapatkan energi semakin tinggi. Akhirnya kamu mengonsumsi makanan manis karena kelelahan. Penelitian di Prancis menunjukkan obesitas lebih umum ditemukan pada pemuda yang kurang tidur.


5. Penglihatan berkurang

Kurang tidur juga bisa bikin kamu mudah berhalusinasi.

6. Penyakit hati

Berdasarkan penelitian, orang yang tidur kurang dari 8 jam rentan terkena penyakit hati.

7. Respon lamban

Kurang tidur bikin kamu lamban dalam merespons. Misalnya, dalam menentukan keputusan atau kepekaan dengan dunia luar.

8. Daya tahan tubuh menurun

Orang kurang tidur akan lebih sensitif dengan rasa sakit dan sekaligus daya tahan tubuh menurun. Mungkin kalau ada orang yang sedikit-sedikit sakit hati, mungkin dia kurang tidur.

9. Produksi urin berlebihan

Ketika tidur, tubuh memperlambat produksi urin. Itulah alasan orang nggak perlu buang air pada malam hari sebanyak pada siang hari.

10. Sulit fokus

Bukan cuma kurang air mineral, konsentrasi juga ditentukan oleh cukupnya istirahat pada malam hari.

11. Sulit berbicara lancar

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang nggak tidur selama 36 jam akan sulit untuk berbicara secara lancar dan jelas serta mengulang kata yang sama.

12. Flu

Jangan bingung kalau kamu sering banget terserang flu. Pasalnya, mereka yang tidur kurang dari 7 jam dalam dua minggu akan lebih mudah sakit daripada mereka yang tidur selama 8 jam atau lebih.

13. Masalah pencernaan

Kala malam, kadar asam lambung meningkat. Hati-hati lho, bisa parah karena makanan dan minuman sebagai teman begadang. Hindarilah makan makanan berlemak. Kurang tidur juga bisa memicu peradangan usus. Hiiy..

14. Risiko kecelakaan

Udah banyak kasus kecelakaan di jalan yang disebabkan oleh pengendara yang mengantuk sehingga nggak bisa mengontrol kendaraan. So, kamu jangan nambah-nambahin bencana ya!

15. Gairah seks menurun

Testosteron merupakan komponen penting dari gairah seksual pada perempuan dan laki-laki. Tidur dapat meningkatkan kadar testosteron. Jadi, begadang hanya menurunkan kadar hormon tersebut.

16. Diabetes

Menurut penelitian, orang yang tidur kurang dari 6 jam per malamnya, mengalami proses metabolisme gula yang nggak semestinya. Pada akhirnya hal itulah yang menimbulkan diabetes.

17. Ceroboh

Mereka yang kurang tidur cenderung melakukan lebih banyak kesalahan. Refleks dan fokus yang berkurang bikin kamu seperti orang yang ceroboh.

18. Kanker

Kurang tidur bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan kanker, khususnya kanker usus besar dan payudara.

19. Depresi

Insomnia dan tidak nafsu makan akibat depresi saling berhubungan. Kurang tidur memperparah gejala depresi dan membuat kamu sulit tidur. Sisi positifnya, pola tidur yang baik dapat membantu mengobati depresi.

20. Risiko kematian meningkat

Karena banyaknya efek buruk yang dirasakan karena kurang tidur, ya.. nggak aneh bahwa risiko kematian meningkat akibat adanya penyakit kardiovaskuler dan penyakit lainnya.

So, commuters.. sayangilah diri kalian dengan tidur yang cukup. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto freeimages.com]