}
Makanan Sahur dan Buka Puasa
Health

Makanan Sahur dan Buka Puasa

by Sherra
Tue, 23-Jun-2015

Saat puasa, kamu wajib  menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat. Mengonsumsi makanan yang tepat bisa bantu kamu menjalani puasa dengan lancar lho. Nah, adalah beberapa jenis makanan yang harus dihindari selama menjalankan ibadah puasa. Simak ya.

1. Makanan berlemak tinggi

Bagi sebagian orang, gorengan mungkin akan jadi makanan wajib untuk berbuka. Padahal, itu cuma membahayakan tubuh lho. Pasalnya, makanan berlemak jenuh bisa meningkatkan asam lambung dan nggak baik untuk perut kosong kamu saat puasa. Begitu juga seperti makanan santan, daging berlemak, kulit ayam, dan lainnya. Lebih baik konsumsi makanan yang memiliki lemak sehat.

2. Makanan yang terlalu manis

Saat buka dan sahur memang dianjurkan untuk mengembalikan atau menyediakan kadar gula dalam tubuh. Tapi jangan asal manis dan berlebihan karena cuma meningkatkan risiko diabetes. Lebih baik sediakan sumber gula dari buah atau kurma.

3. Makanan pedas

Hati-hati buat kalian penggemar makanan pedas. Memang sih bisa menggugah selera makan. Tapi hindari atau kurangi makanan pedas saat sahur dan berbuka karena bisa mengakibatkan kerusakan dinding lambung yang sedang sensitif saat puasa.

4. Kafein

Kurangi minum teh dan kopi saat berbuka puasa. Selain bisa membuat cepat dehidrasi, minuman mengandung kafein berbahaya untuk perut yang memproduksi asam lambung tinggi. Lebih baik ganti dengan mengonsumsi air mineral, jus buah, dan air kelapa.

5. Karbohidrat terlalu berat

Saat memakan karbohidrat, pastikan ada makanan yang kaya protein, seperti: kacang-kacangan, ikan, daging, atau telur untuk menyeimbangkan makanan. Jangan berlebihan ya! yang ada kamu akan ngantuk sepanjang hari.

6. Mie instan

Makanan ini tergolong makanan tinggi garam. Kadar garam tinggi menyebabkan beratnya beban ginjal, meningkatkan tekanan darah, dan mengandung trans lipid yang memberatkan beban pembuluh darah jantung. Mie instan juga bisa mengeluarkan asam lambung dan nggak baik dikonsumsi banyak.

7. Junk food

Saat nggak puasa aja junk food mesti dihindari, apalagi saat berpuasa. Makanan dengan bahan pengawet dapat memberatkan hati/liver. Dalam jumlah besar dapat mengguncangkan tekanan darah dan memberatkan ginjal.

Makanan seperti apa yang baik saat berbuka puasa dan sahur?


Saat berbuka:

  • Minum yang manis alami tanpa gula. Air kelapa, jus buah melon atau semangka  dan buah lainnya.
  • Karbohidrat kompleks akan lebih baik ditambah makanan yang nggak digoreng. 
  • Konsumsi air putih.

Saat sahur:

  • Utamakan air, vitamin, dan elektrolit. Artinya, minum air putih dan buah-buahan, atau jus buah tanpa gula
  • Pilih menu utama yang terdiri dari karbohidrat kompleks dan protein yang tinggi bisa kita temukan pada gandum, oat, kacang-kacangan, ikan, kacang hijau, buah-buahan, dan sayuran lainnya.
  • Jangan lupakan serat, baik dari sayur maupun buah.

Selamat berpuasa Commuters! [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]