}
9 Manfaat Mangga
Health

9 Manfaat Mangga

by Pohan
Thu, 25-Jun-2015

Ada banyak jenis mangga di Indonesia. Beberapa jenis yang umum kita ketahui seperti mangga golek, mangga arumanis, mangga manalagi, dan mangga gedong gincu.

Mengonsumsi buah mangga akan memberi banyak manfaat bagi tubuh. Selain sarana detoksifikasi, buah yang didominasi rasa manis dan sedikit asam ini juga ampuh menyembuhkan dan mencegah beberapa penyakit: edit
 

1. Mangga bisa membantu mencegah penyakit kanker

Mangga ternyata mengandung anti oksidan lho. Bagusnya lagi, menurut penelitian ilmiah, anti oksidan dalam mangga sangat efektif melindungi tubuh kita, yang rentan terkena kanker, seperti darah, payudara, usus besar, prostat, dll. Maklum, dalam mangga terkandung senyawa yang sangat mujarab mengurangi serangan kanker. Senyawa itu adalah: asam galat, methyl gallat, isoquercitrin, fisetin, astragalin, dan quercetin.


2. Mangga bisa mencerahkan kulit

Dengan mengonsumsi buah mangga, pori-pori akan bersih dan bisa mencegah timbulnya jerawat, juga membuat kulit menjadi lebih cerah dan sehat. Selain dimakan, mangga bisa digunakan sebagai masker kecantikan.
    

3. Mangga mampu mengurangi kadar kolestrol

Vitamin C yang terkadung dalam buahnya, bisa jadi detoksifikasi darah dari unsur-unsur nggak penting dalam tubuh, terutama kolestrol jahat.
    

4. Mangga bisa mencerahkan mata

Ternyata nggak cuma wortel yang efektif untuk menjaga kesehatan mata, mangga pun kaya akan kandungan vitamin A yang bisa membantu mata terus lembab dan tidak kering.


5. Mangga mampu memenuhi kebutuhan alkali manusia

Buah ini mengandung senyawa asam sitrat, asam malat, dan asam tartrat, yang bermanfaat untuk menahan cadangan alkali di dalam tubuh. 


6. Mangga mampu meningkatkan gairah seksual

Nah, bagi pasangan suami-istri, coba deh konsumsi mangga. Soalnya vitamin E dalam mangga bisa merangsang gairah seksual. 


7. Mangga bisa memperbaiki sistem pencernan

Mangga baik untuk perncernaan karena mengandung fiber atau serat alami.


8. Mangga bisa melenyapkan panas dalam yang berfungsi sebagai pendingin tubuh

Biasanya panas dalam muncul saat ginjal Anda terganggu. Salah satu faktornya adalah cuaca panas. Dengan mengonsumsi mangga, Anda bisa menetralkan racun dan suhu di dalam ginjal.

9. Mangga bisa meningkatkan kekebalan tubuh

Kandungan vitamin A dan C dalam mangga ternyata mengandung, setidaknya 25 karotenoid, yang sangat bagus agar kondisi tubuh tetap sehat dan nggak gampang terkena penyakit. [][teks diolah @pohapow dari infobuahmangga.blogspot.com | foto edosweets.com, diversatechfertilizer.com]