}
Siesta Time!
Health

Siesta Time!

by Pohan
Fri, 26-Jun-2015

Siesta adalah tidur siang singkat setelah makan siang, yang berlaku dalam budaya Spanyol. Namun, kemudian, tradisi ini berlaku juga di beberapa negara, terutama saat cuaca panas.

Mungkin di Indonesia dan beberapa negara Asia yang lebih sering mendapatkan cuaca panas tidak menganjurkan hal tersebut. Sayang sekali, padahal baik bagi kesehatan tubuh. Di Amerika Serikat, Inggris, dan negara-negara lain, siesta disebut sebagai power nap, istilah yang diciptakan James Maas, social psychologist Cornell University.

Simak yuk 7 manfaat Siesta Time di bawah ini:

1. Peneliti dan dokter percaya bahwa tubuh manusia memiliki jam istirahat yang lebih pendek daripada jam kerja. Kita sering mendadak ngantuk, maka tidur siang sangat dianjurkan.  

2. Sepuluh atau lima belas menit tidur siang bisa meningkatkan kinerja di kantor. Pilih tempat yang tenang dan nyaman, selonjorkan kaki Anda, atur alarm, dan tutup mata Anda.

3. Tidur siang bisa membantu mengompensasi istirahat yang kurang. Misalnya, pada malam hari Anda tidur terlalu lama, atau menderita insomnia.

4. Tidur bisa memperbaiki sel dan menjaga kondisi tubuh. Tidur siang juga berkontribusi terhadap proses perbaikan ini.

5. Ketika rasa kantuk datang yang kita butuhkan hanya berbaring, menutup mata, dan sejenak terlelap. Tidur siang bisa membuat Anda merasa lebih baik.

6. Jam tidur bisa terganggu saat cuaca panas. Itulah sebabnya Anda sering terbangun atau sulit tidur di malam hari. Tidur siang memungkinkan Anda untuk mengompensasi tidur yang hilang.

7. Tidur bisa merefresh otak sama seperti Anda mend- defrag komputer.

[][teks @pohanpow/allwomenstalk.com | foto pzizz.com, supercompressor.com]