}
Manfaat Pare untuk Tubuh
Health

Manfaat Pare untuk Tubuh

by Sherra
Fri, 10-Jul-2015

Walaupun rasanya pahit, pare bermanfaat bagi yang mengonsumsinya. Entah dinikmati dengan cara ditumis atau dimakan bersama siomay, pare selalu punya penggemar setianya. Apa aja ya manfaat yang bisa diberikan si bitter melon ini?


Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pare dapat merendahkan gula darah yang meningkat. Minumlah segelas jus pare dengan ditambah lemon dan madu  setiap hari. Namun pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter. Hentikan penggunaan kalau Anda mengalami sakit perut, diare, atau demam. Jangan lupa untuk mengecek gula darah secara teratur.

Batu ginjal

Pare bisa membantu menyingkirkan batu ginjal dengan alami karena mengurangi asam tinggi yang memproduksi batu ginjal yang menyakitkan.

Mengurangi kolesterol

Pare bisa membantu mengurangi kolesterol jahat yang mengakibatkan serangan jantung, sakit jantung, dan stroke. Secara signifikan dan alami, pare bekerja untuk mencegah risiko kesehatan tersebut.

Anti kanker

Salah satu manfaat kesehatan yang paling mengejutkan adalah sifat anti-kanker-nya. Pare terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker pankreas. Pare juga mematikan sel-sel kanker di hati, usus besar, payudara, atau prostat.

Kesehatan kulit

Makanan dan minuman yang berasal dari pare ini memiliki manfaat baik untuk kulit. Pare adalah bahan alami dan menenangkan untuk membantu mengobati jerawat, psoriasis, dan eksim. Konsumsilah secara teratur. Anda bisa buat sup pare untuk kulit lebih indah.

Berat badan

Sama seperti kebanyakan tanaman, pare sangat rendah kalori. Anda bisa menurunkan atau mempertahankan berat badan ideal dengan pare.

Penguat liver

Pare yang dikonsumsi secara teratur, bisa menguatkan pencernaan, meningkatkan fungsi kandung empedu, menurunkan retensi cairan, sirosis hati, hepatitis, sembelit, dan meringankan gejala sistem iritasi usus besar. Minum jus pare setidaknya sekali sehari untuk merasakan manfaatnya.

Mencerna karbohidrat

Ini adalah manfaat yang sangat penting bagi mereka yang mengidap diabetes tipe II. Karbohidrat berubah menjadi gula, dan pare bisa lebih cepat memetabolisme gula dan akhirnya menyimpan sedikit lemak dalam tubuh.

Sumber vitamin K

Vitamin-K berkontribusi untuk kesehatan tulang, pembekuan darah, dan anti-inflamasi. Pare bisa jadi sumber Vitamin-K dan serat harian tubuh Anda.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Sistem imun yang kuat pada pare bisa menangkis infeksi potensial dan penyakit. Pilek? Pare bisa menghentikan atau mencegah pilek secara langsung! Secara alami, pare juga bisa mencegah atau mengurangi alergi makanan, dan menyingkirkan infeksi ragi. [][teks @saesherra/lifehacks | foto cushfood.com, pinterest.com]