}
Merawat Mata Yuk
Health

Merawat Mata Yuk

by Yogira
Tue, 11-Aug-2015

Kadang kita suka ngelupain bahwa mata adalah indra penting. Mata berperan banget dalam membantu pekerjaan dan bahkan memilih jodoh kita. Nah ini beberapa tips untuk merawat mata sebagai jendela dunia kita:

1. Makan banyak buah-buahan dan sayuran. Buah-buahan yang mengandung vitamin A dan betakaroten dari sayuran membantu menjaga kesehatan mata karena sifatnya yang antioksidan.

2. Jangan memakai lensa kontak lebih dari 19 jam. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen serta ketidaknyamanan pada mata. Jangan pula kita memakai kacamata terlalu lama.

3. Kurangi penggunaan tetes mata. Menggunakan tetes mata untuk mengatasi mata merah boleh saja, namun hanya sesekali. Jika berlebihan, itu malah akan merusak kesehatan mata Anda.

4. Manfaatkan mentimun. Gunakan mentimun untuk mengompres kelopak mata. Taruh irisan mentimun yang dingin dan lembut di atas kelopak mata selama 10 menit sebelum tidur malam hari untuk mencegah sembab.

5. Pakailah kacamata hitam anti-UV. Gunakan lensa yang terpolarisasi, bukan hanya sekadar lensa yang gelap. Kacamata hitam anti UV diperlukan untuk melawan paparan dari sinar matahari.

6. Hindari terlalu lama di depan komputer. Untuk menjaga kesehatan mata, cobalah Anda tidak menghabiskan terlalu banyak waktu di depan layar komputer. Hal itu dapat membuat mata lelah.

7. Kenakan kacamata pelindung. Pastikan untuk memakai kacamata atau memakai pelindung mata lainnya ketika bekerja di sekitar bahan kimia atau tempat dengan partikulat udara yang berbahaya.

8. Jangan membaca dalam cahaya redup. Hindari membaca dalam cahaya lampu yang redup yang bisa menyebabkan ketegangan mata. Jika mata terasa lelah, lebih baik Anda berhenti untuk sementara waktu dan beristirahat.

9. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan langsung melihat cahaya yang terlalu terang. Jangan fokuskan mata Anda pada sinar matahari, karena dapat merusak mata Anda.

10. Melatih mata dan membuatnya untuk bersantai. Cobalah memfokuskan mata pada suatu obyek yang dekat dengan Anda, lalu fokuskan mata Anda ke sebuah obyek yang agak jauh. Ulangi proses ini beberapa kali. [][teks @dd_sarwono/merdeka.com | foto elgenahearts.com, opticalvisionresources.com]