}
Saatnya Merawat Kaki
Health

Saatnya Merawat Kaki

by Sherra
Sun, 20-Sep-2015

Kaki adalah salah satu penggerak tubuh. Makanya, kita juga harus memerhatikan mereka dengan baik. Kaki adalah bagian tubuh yang paling mungkin untuk mengalami cedera. Kalau udah begitu? Nah, akan sulit untuk kita beraktivitas.

Nggak perlu perawatan spa yang mahal untuk merawat kaki Anda. Cuma perlu menghabiskan beberapa menit sehari untuk melakukan perawatan kaki agar bebas dari masalah kaki. Nah, coba ikuti beberapa tips berikut aja..

Pilih sepatu yang pas

Pakailah sepatu yang pas dan nyaman saat harus bergerak sepanjang waktu. Memakai sepatu yang nggak tepat, justru malah membuat kaki lecet dan terluka. Jadi, pilihlah baik-baik sepatu yang akan dibeli dan dipakai.

Pakai sepatu yang berbeda

Sediakan minimal dua sepatu nyaman untuk dipakai secara bergantian setiap hari. Sepatu perlu waktu sirkulasi udara agar terhindar dari bau. Jangan lupa untuk ganti kaus kaki atau stoking setiap hari, bahkan lebih dari sekali sehari bagi Anda yang mudah berkeringat.

Rendam kaki

Kalau nggak dijaga, kulit kaki lama kelamaan akan kasar dan kering. Nah, untuk mencegahnya, rendamlah kaki secara teratur dengan air hangat dengan air perasan 2-3 buah lemon, 2-3 sendok bubuk kayu manis, 2 sendok minyak zaitun dan 1/2 cangkir susu ke dalam air dan aduk rata. Rendam kaki Anda dalam air selama sepuluh sampai lima belas menit. Kalau Anda memiliki masalah dengan bau kaki, rendam kaos kaki dalam campuran cuka dan air.

Scrubbing

Setelah kaki direndam, pastikan Anda menggosok bagian yang kasar dan kering. Anda bisa menggunakan scrub untuk kaki atau scrub wajah. Batu apung juga bisa digunakan untuk menggosok daerah yang kasar. Namun perlu diingat, batu apung lebih efektif saat kaki masih lembap. Jangan lupa untuk bersihkan di antara jari kaki.

Pakai pelembab kaki

Gunakan pelembab kaki setelah kaki dicuci. Selain menghindari kulit kering dan pecah-pecah, pelembap juga bisa membuat kulit tampak segar dan tidak kusam.


Bikin pelembap kaki homemade

Campurkan 1 sdm minyak Almond, 1 sdm minyak zaitun, 1 sdm minyak biji gandum dan tambahkan 10 tetes minyak esensial. Campurkan dengan baik dan simpan di tempat yang dingin & kering. Oleskan lotion ini untuk kaki Anda [terutama tumit] setelah kaki dicuci dan dikeringkan.

Biarkan kaki bernapas

Ini adalah kebiasaan baik yang perlu dilakukan. Lepas sepatu setelah Anda tiba di rumah agar kaki Anda bisa bernapas. Kalau tidak, keringat dan kotoran yang dibiarkan lebih lama dari biasanya akan menjadi tempat berkembang biak bakteri dan menyebabkan bau kaki.

Atur sirkulasi darah

Cobalah untuk menggoyangkan jari-jari kaki dan memutar kaki Anda 3 -4 kali dalam sehari agar sirkulasi darah pada kaki lancar.

Berhati-hatilah kalau Anda memilih untuk melakukan pedikur di salon karena kebersihan bak dan alat-alat merupakan hal penting. Kalau Anda mengidap diabetes, konsultasikan dengan dokter  sebelum Anda melakukan pedikur. [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto stationhealth/pilgrimchris]