}
Efek Samping Olahraga Berlebihan
Health

Efek Samping Olahraga Berlebihan

by Pandu
Sun, 20-Sep-2015

Berolahraga enaknya ketika tubuh berkeringat. Soalnya, hormon endorphine –yang bertugas bikin pikiran senang-- ikut terlepas.

Beberapa orang melakukan olahraga di gym demi mengurangi berat badan. Alasan lain, untuk membentuk otot tubuh. Sementara yang paling naïf  beralasan untuk mendapatkan hidup sehat.

Tapi olahraga juga punya efek samping jika terlalu berlebihan, misalnya kayak gini:

1. Gatal

Jika keringat yang di sekujur tubuh tidak kamu bersihkan, kuman akan menempel dan bikin iritasi. Bisa juga karena alat gym yang tidak higienis. Jadi, habis nge-gym lebih baik lakukan pendinginan, setalah itu baru mandi.

2. Mual

Obsesi punya perut six-pack, bisa bikin kram perut jika kamu terlalu memorsir tubuh berlebihan. Sebelum olahraga, jangan mengonsumsi karbohidrat [nasi atau kentang] agar tidak keluar lagi dari mulut kamu.

3. Batuk

Jalanan Ibukota bukan tempat yang bagus untuk tempat jogging meski itu dilakukan pagi atau sore hari. Soalnya pada jam itu polusi biasanya membumbung tinggi. Daripada kena batuk atau asma, mending kamu pilih olahraga indoor aja.

4. Pusing

Hal ini biasa terjadi jika latihannya terlalu berat. Jantung pun akan memompa terlalu banyak darah sampai ke otak. Jika sudah begini, istirahat sebentar dan hirup udara yang banyak sampai reda sakit kepala.

5. Pilek

Bagi beberapa orang yang punya alergi tertentu, olahraga justru bikin pilek. Bisa disebabkan oleh asap polutan atau debu. Jika sudah begini, cek ke dokter supaya tahu cara menyembuhkannya. [][teks @HaabibOnta | sumber & foto details.com]