}
Apa itu pH Meter?
Health

Apa itu pH Meter?

by Pohan
Wed, 16-Sep-2015

pH meter adalah alat yang paling praktis namun cukup akurat selama pemakaian pengujiannya sesuai standar dalam pengujian pH suatu larutan. pH meter berguna untuk mengukur tingkat keasaman dan kebasaan air minum. Lantas, bagaimana caranya?

Celupkan batang indikator pH, lalu secara otomatis akan terbaca dan ditampilkan pada layar alat yang disebut sebagai pH meter digital. Beberapa hal yang harus diperhatikan supaya hasilnya akurat yaitu jenis alat, kalibrasi alat, kondisi alat [listrik atau baterai], dan prosedur pengujian.

Banyak alat dalam kondisi baru yang belum tentu kondisinya dalam keadaan kalibrasi. Begitu juga dengan penyimpanan larutan buffer untuk kalibrasi. Jika penyimpanan salah, itu akan mempengaruhi pula akurasi hasil uji oleh alat tersebut.

pH yang baik untuk digunakan sebagai air minum adalah air yang kualitasnya memenuhi syarat kesehatan dan dapat langsung diminum, yakni meliputi persyaratan mikrobiologi, fisika, kimia, dan radioaktif.

Nilai pH air minum yang sesuai dengan standar kesehatan secara umum adalah  6,5 s/d 8,5. Sementara pH air minum yang tidak tergolong mengandung mineral adalah 5,0 s/d 7,5.

[][teks @pohanpow/berbagai sumber | foto istimewa]