Fotografer Wanita Berumur 101 Tahun
Hobi

Fotografer Wanita Berumur 101 Tahun

by Pohan
Mon, 12-Oct-2015

Fotografer asal Jepang, Tsuneko Sasamoto dianggap sebagai wartawan foto wanita pertama di negaranya. Ia  menekuni fotografer profesional sejak usia 25 tahun pada zaman peperangan.

Kini usia Sasamoto menginjak 101 tahun, tepatnya pada September tahun ini. Ia menjadi salah satu fotografer tertua di muka bumi ini karena masih aktif memotret sampai sekarang.

Kantor berita NHK melaporkan bahwa Sasamoto tengah sibuk menyusun koleksi foto-foto terbaru. Sebelumnya, ia pernah menerbitkan buku foto pada tahun 2011 pada usia ke-97.

Sasamoto sempat mengalami cedera tangan kiri dan kedua kakinya beberapa waktu yang lalu. Namun ia tidak  kehilangan gairah untuk tetap memotret.

Ia dilaporkan menjalani rehabilitasi agar pulih dari cederanya sambil terus memotret bunga untuk sebuah proyek berjudul Hana Akari atau disebut Flower Glow sebagai penghormatan kepada teman-temannya yang telah meninggal.

“Jangan bermalas-malasan, sangat penting untuk tetap positif dan tidak menyerah dalam hidup ini. Tingkatkan terus kemampuanmu sehingga kamu bisa terus maju. Itulah yang ingin aku bagi kepada masyarakat," ungkap Sasamoto kepada NHK.

Inilah bukti profesi fotografer tidak bisa dipandang sebelah mata apalagi soal gender. Karier Sasamoto, luar biasa! Ayo, yang muda jangan mau kalah dong... Belajar dan terus majuuuu! [][teks @pohanpow/petapixel.com
 | foto petapixel.com]