10 Tempat Surfing Terbaik di Indonesia
Hobi

10 Tempat Surfing Terbaik di Indonesia

by Pohan
Fri, 18-Dec-2015

Dua pantai di Bali: Uluwatu dan Kuta serta pantai di Pulau Nihiwatu, Sumba Barat masuk daftar 50 Tempat Tempat Surfing Terbaik Dunia versi CNN pada tahun 2013.

Kita sebagai orang Indonesia patut berbangga atas pretasi itu. Setidaknya pula kita layak mengetahui tempat surfing terbaik lainnya. Di manakah sajakah itu?

1. Pantai Plengkung, Banyuwangi

Pantai Plengkung termasuk bagian dari Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi, Jawa Timur. Lokasinya berjarak 20 km dari Desa Grajagan. Pantai yang juga dikenal sebagai G-Land di kalangan peselancar ini memiliki ombak dengan ketinggian 6 hingga 8 m dan panjangnya bisa mencapai 2 km. Ombak di Pantai Plengkung juga mempunyai 7 gulungan dengan interval sekitar 5 menit akibat tekanan air laut dari Kutub Selatan.

2. Pulau Nias, Sumatera Utara

Pulau Nias terkenal dengan ombaknya yang begitu fantastis di kalangan peselancar internasional karena memiliki dua spot surfing terbaik dunia yang disebut ”The Point” dan ”Indicator”. Keduanya tiada henti menampilkan rangkaian ombak yang luar biasa sepanjang tahun. Pulau ini juga  berkarang banyak, tetapi tidak mengganggu kegiatan surfing. Tempat surfing yang paling terkenal di pulau ini adalah pantai Sorake dan Lagundri.

3. Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan, Bali

Pesona pantai di Bali selalu memikat siapa saja yang datang, termasuk para peselancar dunia. Tempat yang paling digemari untuk berselancar adalah Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Perairan di  Nusa Penida terkenal dengan kawasan menyelamnya di Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, dan Malibu Point. Selain Nusa Penida, tempat yang memiliki gelombang ombak tinggi dan asyik dijadikan tempat surfing adalah Nusa Lembongan, letaknya tak jauh dari Nusa Penida.

4. Pantai Uluwatu, Bali

Tinggi ombak di Pantai Uluwatu mencapai sekitar 5 hingga 8 meter. Pantai ini terkenal di kalangan para surfer karena memiliki gelombang pendek dan kuat yang saling bersusulan. Oleh karena itu, Pantai Uluwatu hanya digunakan untuk peselancar profesional. Keunikan dari gelombang ombak di pantai Uluwatu menempati peringkat ke-3 tempat surfing terbaik di dunia.

5. Pantai Mentawai, Sumatera Barat

Kepulauan Mentawai yang terletak di lepas pantai Padang, Provinsi Sumatra Barat diketahui memiliki 400 tempat surfing dengan tingkat kesulitan yang berbeda. Sebanyak 49 titik di antaranya merupakan favorit para peselancar asing. Salah satunya di pulau Sipora, kepulauan Mentawai. Pulau Sipora sempat luluh lantak akibat terjangan tsunami tahun 2010. Kini pantai itu kembali menempati posisi sebagai lokasi yang pantas dikunjungi para peselancar.

6. Pantai Nihiwatu, Sumba Barat

Pantai Nihiwatu terletak di Sumba Barat, kepulauan Nusa Tenggara. Kamu bisa menikmati perpaduan alam yang cantik, keunikan budaya, dan keramahan penduduk lokal berikut sensasi mengendarai ombak yang menantang. Pantai ini dikenal dengan julukan "Left God Waves", pihak resort yang merupakan pengelola tunggal pantai Nihiwatu membatasi hingga 10 orang surfer saja yang boleh mengendarai ombak Nihiwatu dalam satu hari sebagai upaya menjaga privasi serta keamanan pengunjung hotel lainnya.

7. Pantai Tanjung Setia, Lampung Barat

Pantai ini sudah dikenal turis mancanegara namun malah belum oleh masyarakat lokalnya sendiri pada saat itu. Tanjung Setia menjadi salah satu tempat favorit dan terbaik di dunia untuk olahraga air. Ombaknya mencapai tinggi 6-7 m dengan panjang 200 m, termasuk salah satu ombak tertinggi di dunia karena berhadapan langsung dengan Samudera Hindia.

8. Pantai Watu Karung, Pacitan Jawa Timur

Pantai Watu Karung bagaikan nirwana. Di balik keindahannya, pantai ini memiliki ombak yang luar biasa. Di lokasi ini terdapat tipe reef break dan juga batu karang di dasar laut. Pada saat-saat tertentu, Pantai Watu Karung bisa menghasilkan barrel yang akan membuat surfer serasa berada di surga, baik surfer dengan goofy style, maupun natural. Mereka bisa berselancar di sini karena pantai ini memiliki ombak kanan dan kiri.

9. Pantai Ombak Tujuh, Sukabumi Jawa Barat

Nama Ombak Tujuh sendiri konon berasal dari ombak dipantai ini yang katanya selalu berjumlah tujuh saling berurutan satu dengan yang lainnya. Biasanya para peselancar dari mancanegara sangat menyukai keadaan ombak yang tinggi, memanjang dan pecah di tepi pantai. Segala kriteria tersebut bisa dijumpai di Ombak Tujuh ini.

10. Pulau Timor

Pulau-pulau di Timor Barat memiliki beberapa gelombang terbaik di Indonesia. Di pulau-pulau Timor Barat dan Rote terdapat beberapa spot terkenal, break point [seperti T-Lands] serta beberapa tempat rahasia. T-Land adalah tempat surfing utama di sini. Seorang goofie bisa melakukan snap berkali-kali. Bahkan peselancar bisa melakukan nose rider selama mereka inginkan atau menikmati free travel spirit on break. [][teks @pohanpow/planetsurfonline.com | foto berbagai sumber]