Snorkeling Pun Pakai Aturan Main
Hobi

Snorkeling Pun Pakai Aturan Main

by Pandu
Tue, 21-Apr-2015

Sungguh, laut sarat pesona. Apalagi di kedalamannya. Mereka menampung terumbu karang dengan ikan yang berwarn-warni. Kita bisa menikmatinya dengan cara snorkeling.  

Geliat ikan yang bikin penasaran. Kadang deketin kita, eh giliran disamperin, malah kabur. Seru! Kalau kamu belum pernah snorkeling dan ingin coba-coba, ini kami punya tips berdasarkan pengalaman, spesial buat kamu. 

Cek, cek, cek - Kalau alat snorkeling itu sewaan, kamu cek dulu deh, ada yang rusak atau tidak. Jangan lupa, bersihkan juga ya. Nggak mau kan, pas gigit snorkel, eh malah keseruput bekas liur orang lain.

Tetap menggerombol - Seringkali karena keasyikan, nggak sadar  terpisah dari gerombolan. Ogah kan? So, sebaiknya kamu tetap menggerombol. Jadi jika tersengat ubur-ubur atau bulu babi, kamu bisa dapat pertolongan cepat.

Masker kemasukan air - Pedih! Tapi, nggak usah melepas masker. Hirup udara yang dalam lewat snorkel, lalu hembuskan lewat hidung. Udara yang keluar akan melepas air yang terjebak.

Menelan air - Sering juga nih. Kalau snorkelmu kemasukan air, kamu jangan panik. Justru itu membuatmu tersedak. Hirup udara yang dalam, dan tiup lewat snorkel. Itu akan mengeluarkan airnya. Kamu juga bisa meniru paus.

Wajib pake pelampung - Kalau kamu nggak bisa berenang, pake pelampung itu hukumnya fardhu. Kalau nggak pakai, bisa tenggelam nantinya.

Nikmatin - Kalau kamu bisa berenang, coba deh copot pelampungnya. Jadi kamu bisa berenang lebih dalam. Jadi, bisa lihat koralnya lebih dekat.

Bertanggungjawab - Kamu tetap harus memperhatikan sekeliling. Jangan sampai kaki kamu menendang koral atau seenaknya kamu pegang-pegang. Itu bisa merusak mereka lho. [][teks @HaabibOnta | foto Wikimedia dan cairnsholidayspecialists]