Sejarah Cosplay
Hobi

Sejarah Cosplay

by Dedi
Tue, 24-May-2016

Cosplay berasal dari gabungan 'costume' dan 'play', yaitu hobi mengenakan kostum seperti tokoh dalam anime, manga, game, dan yang lainnya. Tapi percaya atau nggak, hobi yang populer mulai tahun 2000-an di Indonesia ini ternyata berumur jauh lebih tua dari yang disangka lho!

Walaupun istilah cosplay di populerkan Jepang, namun cosplay tertua yang tercatat di sejarah berasal dari akhir '40-an! Cosplay pertama di dunia tercatat dilakukan Forrest J. Ackerman pada tahun 1939 di First World Science Fiction Convention, New York. Dan sejak 1960-an, peserta konvensi fiksi ilmiah banyak yang hadir mengenakan kostum tokoh film seperti Star Trek dan lainnya yang membuat cosplay semakin menjamur di Amerika Serikat.


Di Jepang, cosplay pertama kali ada pada tahun 1978 di Ashinoko, Prefektur Kanagawa di konvensi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17. Kritikus sci-fi Mari Kotani dan Direktur Gainax, Yasuhiro Takeda mengenakan kostum tokoh manga Triton of the Sea dan Star Wars di konvensi itu. Popularitas cosplay di Jepang tak luput berkat liputan dari media. Cosplay pertama kali diliput oleh majalah Fanroad edisi perdana Agustus 1980 yang membuatnya semakin populer di Jepang.


Di Indonesia cosplay dipelopori gelaran kebudayan Jepang yang diadakan oleh kampus seperti Gelar Jepang UI awal 2000-an dan kini cosplay sudah menjadi agenda tetap dengan beberapa event tahunan yang terkenal seperti Hellofest, Ennichisai, dan Jakarta Comic Con.


Cosplayer Indonesia juga nggak bisa dipandang sebelah mata. Cosplayer seperti Echow Eko, Rangga Khanciel, Pinky Lu Xun, dan Orochi X juga telah mendunia dengan prestasi-prestasinya di event internasional. Sungguh sebuah prestasi yang patut dibanggakan.
[][teks @dd_sarwono, berbagai sumber | foto berbagai sumber]