Hobi

Pokémon GO, Mobile Game Augmented Reality yang Mewabah

by Dedi
Fri, 15-Jul-2016

Pada 6 Juli 2016 lalu, dunia dihebohkan dengan rilis permainan mobile Pokémon GO yang didevelop Niantic.

Buat para gamers, Pokémon bukanlah hal yang baru. Game ini pertama kali dirilis pada tahun 1998 untuk konsol genggam Game Boy.

Pemain Pokémon GO punya misi menjadi seorang Pokémon Trainer dan menangkap Pokémon sebanyak-banyaknya dan melatihnya menjadi tim Pokémon kuat untuk bertanding melawan tim lain yang dilatih oleh seorang Pokémon Trainer lainnya.

Yang membuat Pokémon GO berbeda dengan game seri Pokémon sebelumnya yang berjalan di dunia virtual, game ini memakai dunia nyata sebagai tempat bermainnya.  

Memanfaatkan GPS dan teknologi augmented reality, pemain diharuskan mencari pokemon di lokasi yang telah ditentukan.


Dan bukan hanya itu, untuk mencaro Pokéball [bola untuk menangkap Pokémon] dan bertanding dengan tim lainnya hanya bisa dilakukan di Pokéstop dan Pokégym yang ada pada lokasi tertentu juga.   

Jadi uniknya, pemain akan berinteraksi secara langsung dengan pemain lainnya dan melakukan aktivitas fisik dalam memainkan game ini.

Game ini untuk sementara baru tersedia di Australia, Selandia Baru, dan Amerika Serikat dikarenakan keterbatasan kapasitas server, namun dikabarkan Pokémon GO akan segera tersedia secara resmi untuk wilayah Eropa dan Asia [termasuk Indonesia] dalam beberapa hari ini.

Mobile game ini kompatibel untuk ponsel-ponsel pintar berbasis iOS dan Android versi 4.4 [Kitkat] ke atas. Well, sudah siapkah Anda berburu Pokémon? [][teks @dd_sarwono | sumber & foto berbagai media]