7 Game Berbahaya
Hobi

7 Game Berbahaya

by Hagi
Sat, 16-Jul-2016

Pokémon Go mulai mewabah. Banyak cerita beredar bahwa permainan ini bisa membahayakan jiwa manusia, karena saking asyiknya berburu makhluk-makhluk Pokémon, si pemain bisa abai dengan lingkungannya. Salah-salah, bisa celaka.

Nah, berikut ini adalah daftar game yang harus diwaspadai, karena konten-konten yang mengandung unsur bahaya. Apa saja?

1. ManHunt

Pengembang: Rokstar Game
Tahun Rilis: 2003
Jumlah Seri: 2
Deskripsi: Game ini mengharuskan pemain membunuh musuh dengan senjata seadanya dengan sadis. Semakin sadis cara kita membunuh lawan kita akan mendapatkan score dan health yang banyak pula.
Dampak/Korban: Pada 27 Februari 2004 game ini dikaitkan dengan pembunuhan Stefan Pakeerah [14] yang ditikam dan dipukul temannya Warren Lebanc [17] yang telah terobsesi permainan ini di Leicester, Inggris.
Antisipasi: Sama seperti ManHunt, game ManHunt 2 pun sama sadisnya. Karena itu game ini dilarang di 7 negara seperti Inggris, Irlandia, dan Australia.

2. Postal

Pengembang: Running with Scissors
Tahun Rilis: 1997
Jumlah Seri: 3 [Main Series]
Deskripsi: Game ini mengajak kita untuk menembaki dan menyiksa warga sipil. Kita bisa membakar, menembak, memukul, memotong, bahkan mengencingi orang di game ini. Bahkan di game ini kita diperlihatkan bagaimana tangan, kaki, dan kepala terpotong.
Dampak/Korban: Pada tahun 2006 terjadi insiden ‘Dawson College Shooting’. Media berkata bahwa si penembak terpengaruh game bertema kekerasan, salah satunya Postal 2.
Antisipasi: Game ini dilarang di 13 negara seperti Jerman, Australia, Selandia Baru, dan Swedia.

3. Bully

Pengembang: Rokstar Game
Tahun Rilis: 2006
Jumlah Seri: 1
Deskripsi: Game ini berkisah tentang seorang anak sekolah yang sangat nakal. Tak ada sekolah yang mau menerimanya. Lalu ibunya mengirim ia ke Bullworth Academy dan di sana ia selalu berbuat onar. Game ini dianggap mengajak anak-anak untuk berbuat onar di sekolah. Permainan ini lumayan asik dimainkan apalagi jika Anda senang dengan permainan yang bebas melakukan apa saja.
Dampak/Korban: Permainan ini berpotensi membahayakan dan merusak moral remaja, orang dewasa, dan terutama anak-anak karena permainan ini berlatarkan sekolah.
Antisipasi:  Permainan ini dilarang di Brasil. Di Indonesia game ini masuk dalam daftar game yang berbahaya bagi anak versi pemerintah.

4. Carmageddon

Pengembang: Stainless Game
Tahun Rilis: 1997
Jumlah Seri: 5 [Main Series]
Deskripsi: Game ini hampir sama seperti game balapan lain, tetapi untuk memperoleh uang untuk memperbaiki mobil jika rusak dan memperoleh waktu agar kita dapat menyelesaikan balapan, pemain harus menabrak pejalan kaki untuk mendapatkan uang dan waktu tambahan atau menabrakkan mobil ke mobil pembalap lain. Game ini pun memiliki desain mobil yang cukup unik.
Dampak/Korban: Permainan ini berpotensi menyebabkan ugal-ugalan saat mengendarai kendaraan.
Antisipasi: Karena ada konten vandal di dalamnya, di beberapa negara seperti Inggris dan Jerman, mereka mengganti peran manusia dan darahnya dengan zombie berdarah hijau atau dengan robot dan olinya. Game ini dilarang di Brasil.

5. Grand Theft Auto

Pengembang: Rockstar Game
Tahun Rilis: 1997
Jumlah Seri: 7 [Main Series]
Deskripsi:  Dalam permainan ini, pemain berperan sebagai penjahat yang dapat berkeliaran dengan bebas di kota besar. Game ini terdiri dari beberapa misi seperti perampokan, pembunuhan, dan banyak kejahatan lainnya. Game ini pun mengandung konten porno dan pengguanan narkoba. Sama seperti Bully, game ini memberi kita kebebasan untuk melakukan apapun. Game ini hampir mirip kehidupan nyata, karena kita bisa makan, berkerja, dan belajar mengemudi. Game ini masuk The Guinness World Records edisi video game dengan label game paling kontorversial sepanjang sejarah.
Dampak/Korban: Pada tahun 2003, keluarga Aaron Hamel dan Kimberly Bede ditembak remaja bernama William dan Josh Buckner yang berkata bahwa mereka terinspirasi dari Grand Theft Auto III. Selain itu, pada tahun yang sama juga terjadi penembakan terhadap 3 anggota polisi yang saat itu akan mengintrogasi Devin Moore [17]. Moore meraih pistol dari polisi lalu menembak polisi-polisi itu hingga tewas lalu kabur menggunakan mobil polisi. Pada tahun 2006 terjadi pembunuhan oleh Cody Posey setelah bermain GTA: Vice City. Cody membunuh ayah, ibu tiri, dan saudara tirinya.
Antisipasi: Karena banyaknya konten negatif dan kasus pembunuhan, game ini dilarang di banyak negara.

6. Mortal Kombat

Pengembang: Warner Bross
Tahun Rilis: 1992
Jumlah Seri: 21
Deskripsi: Dari awal pembuatan pada tahun 1992 hingga kini, game ini penuh kontroversi. Game yang bertipe fighting ini terkenal sadis terutama pada gerakan ‘Fatality’ dan ‘Brutality’ yang banyak mengandung darah dan kekerasan yang amat sadis. Karena game ini, diciptakanlah ESRB [Entertaiment Software Rating Board] pada tahun 1994 yang mengharuskan semua video game dinilai dan diberi label.
Dampak/Korban: Pada tahun 2008, Lamar Robets [17] dan Heather Trujillo [16] ditangkap karena melukai adik Trujillo, Zoe Garcia. Keduanya bilang bahwa mereka menggunakan gerakan yang ada dalam video games Mortal Kombat dan menggunakan Zoe sebagai objek pukul mereka.
Antisipasi: Game ini sudah dilarang di banyak negara.

7. Call Of Duty