Sejarah Pokémon
Hobi

Sejarah Pokémon

by Dedi
Fri, 22-Jul-2016

Pokémon adalah salah satu media franchise yang dimiliki Nintendo. Penciptanya Satoshi Tajiri pada tahun 1995. Konsep Pokémon berawal dari hobi Satoshi Tajiri mengoleksi serangga dan berudu pada saat anak-anak dan dari serial teve Ultra Seven. Si protagonis bertarung dengan bantuan moster yang didatangkan dari kapsul kecil.

Dibantu Ken Sugimori dan Shigeru Miyamoto, Tajiri mengajukan konsep game baru bernama Capsule Monster ke Nintendo. Nintendo setuju mendanai Tajiri untuk mengembangkan game itu, namun nama Capsule Monster harus diubah menjadi Pocket Monster karena alasan hak cipta. Nama Pokémon merupakan nama romanisasi dari nama Jepang Pocket Monsters [Pokétto Monsuta].

Pemain disebut sebagai Pokémon Trainers yang mempunyai misi mengumpulkan spesies Pokémon sebanyak-banyaknya dan melatihnya menjadi tim yang kuat. Selanjutnya, pemain akan bertarung dengan tim yang dilatih Pokémon Trainer lainnya berkompetisi untuk memenangkan Liga Pokémon.

Awalnya Pokémon hadir untuk konsol genggam Gameboy, namun selanjutnya bahkan hadir di konsol lainnya, anime, manga, trading cards, dan lainnya.


Pokémon merupakan serial franchise terlaris ketiga di dunia dan hingga kini sudah ada sekitar 54 jenis game Pokémon.