Sejarah Where's Waldo?
Hobi

Sejarah Where's Waldo?

by Hagi
Fri, 29-Jul-2016

Where’s Waldo? Atau Where’s Wally? adalah media franchise yang sukses. Pembuatnya adalah ilustrator bernama ilustrator Martin Handford. Pada 21 September1987, debut seri pertama dipublikasikan dengan judul Where’s Wally? Buku inilah yang membuat Wally terkenal.

Buku ini menampilkan Wally, seorang pria dengan pakaiannya khas, berwarna belang merah dan putih, topi berbandul, dan kacamata. Di beberapa negara, nama Wally diubah, termasuk di Amerika. Di sana nama Wally menjadi Waldo .

Buku ini menantang kita untuk mencari keberadaan Waldo di antara banyak orang yang melakukan aktivitas di suatu tempat tertentu, yang dicetak 2 halaman penuh. Meski begitu, ternyata tak mudah mencari Waldo karena terdapat sejumlah orang yang berpakaian menyerupai Waldo. Mereka biasa disebut Waldo Watchers. Mereka adalah fans Waldo yang selalu mengikuti Waldo ke mana pun dia pergi.

Dalam perjalanannya, Waldo membawa 12 perlengkapan, yakni:  tongkat, kamera, teropong, ketel, palu, cangkir, ransel, sleeping bag, snorkel, ikat pinggang, tas, dan sekop. Setiap dia pergi ke lokasi baru, ia kehilangan salah satu barang tersebut dan meminta pembaca untuk mencari barang yang tertinggal itu. Pada akhir buku, ada check-list dari benda-benda lain yang harus ditemukan pada setiap halaman. Pembaca pun diminta untuk kembali ke awal dan menjelajahi kembali tiap halaman. null!!


Terdapat 7 seri utama buku Where’s Waldo? Ada juga beberapa buku lainnya, termasuk buku special edition untuk memperingati 10 tahun publikasi media franchise tersebut. Tak hanya buku, Where’s Waldo pun hadir dalam majalah, film, games, komik strip, acara teve, dan boks sereal.

Di beberapa seri buku, Waldo tidak berkelana sendirian. Ada beberapa karakter seperti Wilma [Pacar Waldo], Wizard Whitebeard, Wenda [Saudara kembar Wilma], Woof [Anjing kepunyaan Waldo], dan Odlaw [Anti-Waldo]. [][teks @alpepabomb | foto whereswaldo.com, buzzfeed.com]