Memelihara Kura-kura Brazil
Hobi

Memelihara Kura-kura Brazil

by Sherra
Tue, 11-Oct-2016

Kura-kura brazil adalah salah satu jenis kura-kura semi akuatik. Ciri fisiknya adalah memiliki garis berwarna merah dari ujung mata hingga menutupi daerah telinga. Makanya, mereka juga disebut dengan Red Ear Slider.

Kalau kamu berencana memelihara kura-kura brazil, simak tipsnya berikut ini ya.

1. Buatlah akuarium dengan ukuran yang tepat. Sesuaikan dengan ukuran kura-kuramu. Kalau kamu memelihara lebih dari satu kura-kura, akuarium yang cukup besar bagus untuk memelihara mereka.

2. Kura-kura brazil hidup dan tentu buang air di akuarium. Letakan filter akuarium agar air bersih selalu tersedia untuk mereka karena kualitas air sangat penting untuk kura-kura brazil agar nggak diserang kuman.

3. Kalau akuarium kamu nggak ada filter, kamu harus mengganti airnya secara rutin, setiap hari.

4. Bisa juga menambahkan alat pemanas air khusus untuk tangki ikan. Suhu air yang hangat sangat baik untuk kesehatan kura-kura, misalnya 20-28 derajat Celcius.

5. Jagalah mereka agar nggak stres atau bosan. Tambahkan dekorasi pada akuarium seperti batu-batu atau tanaman hias. Kalau bisa, tempatkan juga batu yang agak besar untuk istirahat mereka.

6. Untuk makanannya, kamu harus hati-hati. Kura-kura brazil mempunyai selera makan yang tinggi. Baiknya jangan memberi makan berlebihan dan jangka waktu cepat agar nggak berlebihan berat badan atau menderita gangguan pencernaan. Bagusnya, kamu beri mereka makan 2-3 kali sehari atau 3 kali dalam seminggu.

7. Tapi kalau kura-kura Brazil masih kecil, berilah makanan setiap hari dalam porsi kecil untuk membantu pertumbuhannya.

8. Memberi makanan yang bervariasi adalah cara baik untuk merawat kura-kura brazil. Jangan selalu memberikan pelet khusus kura-kura, berikanlah sayuran atau buah tertentu. Misalnya wortel, timun, selada air, dan zukini.

9. Hewan lain juga salah satu makanan favorit kura-kura brazil, seperti siput, sepotong ikan, atau cacing tanah. Namun, sebelumnya dibersihkan dahulu dan potong kecil-kecil.

10. Agar kesehatan kura-kura optimal, berikan suplemen agar meningkatkan sistem imun. Wah, kayak manusia juga ya.

11. Jangan lupa untuk memandikan kura-kura agar air akuarium selalu bersih. Ketika kura-kura berada dalam waktu lama di air, cangkang kura-kura akan sedikit berlumut. Sikat cangkangnya dengan lembut.

12. Nah, perhatikan juga kalau kura-kura sedang sakit, misalnya gejala seperti berikut ini:

> Adanya perubahan kebiasaan makan lebih dari 2 minggu
> Ada bagian keputih-putihan atau keabu-abuan di cangkang atau kulitnya.
> Cangkang kering atau seperti pecah-pecah
> Kulit kering, pecah-pecah, atau transparan.
> Kulit kemerahan
> Cairan dari hidung
> Pembengkakan atau benjolan, terutama di atas telinga
> Busa atau cairan dari mulut

Selamat merawat kura-kura brazilmu! [][teks @saesherra/berbagai sumber | foto @saesherra]