Berkenalan dengan Ikan Cupang
Hobi

Berkenalan dengan Ikan Cupang

by Pandu
Tue, 15-Aug-2017

Cupang adalah jenis ikan air tawar idola anak kecil Generasi '90-an. Biasanya ikan ini hanya untuk diadu. Cupang siapa yang paling kuat. Sungguh keji, yaa. Tapi itu hanya keisengan anak kecil pada saat itu. Belum marak game di tablet dan YouTube yang mudah diakses, seperti zaman sekarang ini.

Ikan ini termasuk yang mudah dipelihara dan tidak ribet. Kalau ada ruam, cukup dengan daun ketapang. Soal makan pun murah meriah, cukup cacing beku aja, misalnya yang disimpan dalam bekas botol selai, asalkan airnya diganti secara berkala.

Nah ini varian cupang yang bisa dipelihara. Pilih aja yang menurut Commuters paling menarik.

1. Cupang Halfmoon

foto: jeniscupangjoe33.blogspot.com

Cupang ini termasuk dalam ikah hias. Ekornya persis seperti bulan yang hanya setengah. Dengan varian warna yang beragam. Cantik deh pokoknya.

2. Cupang Serit

foto: majalahikan.com

Jenis ini adalah varian asli peternak Indonesia dari silang kawin. Saat dikembangkan, ekornya seperti mahkota raja. Keren kan?

3. Cupang Plakat

foto: majalahikan.com

Arti plakat adalah tarung atau laga. Memang, cupang jenis in untuk aduan ketimbang hiasan. Tapi emang tega? Bagus begini kok.

4. Cupang Cagak

foto: duniaikan.com

Di antara yang lain, jenis ini paling menggoda. Siripnya mirip gaun yang berkibaran. Varian ini perlu perhatian ekstra untuk perawatannya.

5. Cupang Jumbo

foto: bettaid.com

Dinamakan begitu sebab ukurannya lebih besar dari rata-rata. Bisa sampai 15 cm. Tapi jangan buat aduan juga karena gerakannya lambat dan nggak agresif.

6. Cupang Sawah

foto: YouTube.com

Wah yang ini sulit mencarinya lagi. Uniknya, mereka bisa berantem jika keadaan gelap. [][teks @haabib_onta | foto ikanhias-id.blogspot.co.id]