}
Nintendo Labo: Perpaduan Kreativitas, Permainan, dan Pengetahuan
Hobi

Nintendo Labo: Perpaduan Kreativitas, Permainan, dan Pengetahuan

by Intern 2
Fri, 09-Feb-2018

Nintendo pada tahun ini akan merilis produk terbarunya. Namanya Nintendo Labo, semacam alat pendukung untuk memainkan Nintendo Switch, yang berbentuk berupa potongan-potongan kardus dan alat-alat pendukung lainnya. Perangkat ini terlihat sangat asyik saat dimainkan. Mengusung tagline Make, Play, Discover, Nintendo mempresentasikan taglinenya dalam Nintendo Labo.

 

"Make" artinya "membuat'. Di bagian ini Nintendo melibatkan penggunanya dalam merancang alat pendukung game di Nintendo Switch itu. dengan menggabungkan beberapa potongan kertas dan sejumlah alat pendukung untuk mendukung suatu game di Nintendo Switch. Para pengguna Nintendo Labo juga bisa menuangkan kreativitasnya dalam menghias potongan-potongan kardus tersebut agar terlihat lebih menarik dan lebih keren. Dalam laman resminya, untuk merancang satu buah Nintendo Labo, memerlukan waktu sekitar 10 menit.


"Play" artinya "bermain'. Nintendo ingin melibatkan para penggunanya untuk ikut masuk di dalam dunia game tersebut. Contohnya, game memancing dan disediakanlah pula alat memancing yang terbuat dari potongan-potongan kardus dan alat pendukung lainnya. Lalu ada juga piano. Nintendo Labo menyediakan alat yang menyerupai piano yang mempunyai 13 tone nada yang bisa dimainkan, seperti layaknya piano umumnya. Yang  menarik adalah piano itu kita buat sendiri dari potongan-potongan kardus. Lebih keren lagi adalah toy-con robot kit. Kita bisa  merancang dan merakit setiap bagian dari robot-robot itu.


"Discovery" artinya "Penemuan". Dengan merakit sendiri setiap bagian dari toy-con, akan bisa membuat kita mengetahui cara kerja dari potongan-potongan kardus itu saat kita mainkan. Dan itu menjadi salah satu nilai jual  Nintendo atas produk ini. Di samping perangkat itu memberikan kegembiraan saat memainkannya, kita juga mendapatkan pengetahuan dari beberapa toy-con yang tersedia.


Produk ini direncanakan rilis pada  20 April 2018, dengan 2 versi toy-con dengan isi dan harga yang berbeda. Untuk toy-con 1 dibanderol dengan harga sekitar $69.99 yang berisi 5 varian pembantu suatu game, antara lain: alat pancing, rumah, motor, stir mobil, dan piano. Untuk toy-con 2 dibanderol dengan harga sekitar $79.99 dengan 1 varian permainan, yaitu robot kit.  Toy-con ini berisi bagian-bagian dari robot yang akan memudahkan dalam bermain game robot virtual.


Yang perlu dan paling penting, Nintendo Labo hanyalah potongan kardus biasa jika kita tidak mempunyai Nintendo Switch. Pasalnya, Nintendo Switch adalah konsol game yang jadi otak Nintendo Labo.

Jadi, apakah Commuters berminat untuk membeli Nintendo Labo? Mohon sabar dulu yaaa. [][teks @ga_angga foto labo.nintendo.com]