Gimana Cara Bikin Rumah Pohon?
Hobi

Gimana Cara Bikin Rumah Pohon?

by Yogira
Fri, 12-Jun-2015

Rumah pohon bisa jadi tempat yang asyik buat bermain anak-anak. Di luar negeri, rumah pohon dibikin seaman mungkin, biasanya dirancang dengan 4 atau 8 penyangga tiang kayu agar tetap kokoh.

Tapi gimana ya bikinnya? Terutama agar anak merasa aman dan juga nggak merusak pohon? Yuk, kita ikuti tahap-tahapnya.

Pilih pohon kokoh

Sebelum membangun rumah pohon, cek dulu, apakah pohon yang akan ditempati batangnya kokoh? Pohon ideal memiliki 2 cabang terpisah membentuk hurup “V”. Lebih baik pohon yang sudah tumbuh dewasa, bukan yang masih muda atau sudah tua.

Izin tetangga dan dinas pemerintah

Cara ini dilakukan kalau posisi rumah dekat dengan keramaian umum atau berdampingan dengan rumah tetangga, yang dikuatirkan akan terganggu. Kalau masalah ini sudah aman, ya it's okay.

Rancang dasar pada pohon

Kalau memang sudah ada pohon yang sehat dan kokoh, tinggal pikirkan desain yang cocok. Biasanya, pohon berbatang diameter 3 m cocok untuk rumah pohon ukuran standar, 2 x 2 m.

Desain rumah pohon

Anda bisa cari referensi tentang desain rumah pohon, baik dari buku, majalah, maupun majalah. Bikin terlebih dahulu desain dari kardus/karton. Pikirkan juga masalah yang akan timbul dari pertumbuhan pohon bersangkutan.

Tentukan cara menyangga

Pasangkan penyangga dengan tepat, misalnya membenamkan penyangga dari tiang-tiang ke tanah dekat pohon atau ikatlah papan fondasi dengan kabel, tali atau rantai pada cabang pohon yang kuat dan tinggi.  

Tentukan akses

Sebelum rumah pohon dibangun, tentukan dulu aksesnya, misalnya dengan membuat tangga, baik tangga papan-papan yang dipaku pada batang pohon, tangga yang terbuat dari tali, maupun tangga rumah biasa.

Utamakan keselamatan

Rumah pohon jangan terlalu tinggi, setidaknya plaformnya yang terpasang di pohon jaraknya 1,8 hingga 2,4 meter dari tanah. Bikin juga pagar pengaman di sekeliling rumah pohon, dengan jarak antar tiang 10cm, serta pasang bantalan di tanah sekitar pohon untuk mengantipasi yang jatuh.  

Bor pohon minimal di empat titik berbeda

Kalau pohonnya memiliki dua cabang terpisah seperti “V”, itu akan memudahkan pengeboran lubang-lubang untuk penyangga. Setidaknya kedalaman bor, 0,95 di tiap cabang “V”. Kalau pohonnya tidak memiliki dua cabang seperti itu, carilah titik-titik bor pada pohon, yang dianggap kuat menahan penyangga.

Pasang penyangga utama pada titik batang pohon secara tepat

Pilihlah 2 papan setidaknya ukuran 5 x 25 cm, lalu pasangkan pada titik batang pohon secara tepat dari sisi kekokohannya. Bor pohon dan papan, lalu pasang skrup lag galvanis [panjang 15,24cm atau 20,32 cm, diameter 1,6 cm] pada empat lubang papan yang sudah dibor tadi, lalu pasang ring sekuat mungkin.

Letakan papan formasi 4 persegi pada penyangga utama

Letakkan dan pasang 4 papan ukuran 5 x 15 cm dengan posisi arah sebaliknya dari penyangga utama, lalu kunci dengan sekrup dek 7,6 cm. Lalu setiap ujung papan tersebut disambung-kelilingkan dengan papan seukuran sehingga terbentuk jadi formasi 4 persegi.   

Tempelkan platform pada penyangga formasi 4 persegi

Tempelkan dan pasang platform pada penyangga formasi 4 persegi dengan 8 rafter tie galvanis dengan posisi tegak lurus. Gunakan juga 8 penggantung pada kuda-kuda galvanis untuk menempelkan papan penyangga.

Perkokoh platform dengan papan 5 x 10 cm

Supaya platform lebih kokoh, tambahkan 2 papan penyangga 5 x 10 yang ditempelkan pada bagian bawah pohon di kedua tepi platform. Setelah dipasang dengan paku dan sekrup, dan dikunci dengan ring, pastikan 2 papan penguat itu sejajar dan seimbang.

Pasang lantai papan yang menyatu dengan pohon

Nah, kalau platform sudah  beres, Anda tinggal pasang lantai papan, yang sudut-sudutnya bisa menyatu dengan cabang pohon dengan cara digergaji agar menempel pas pada bagian pohon.  

Pasang tiang, pagar, pegangan tangan, lapisan dinding, dan atap

Kalau lantai papan sudah beres, Anda pasang tiang, pegangan tangan, lapisan dinding dan atap sesuai selera desain, yang menyatu dengan tangga, baik yang terbuat dari tali, maupun yang praktis, yaitu tangga rumah.

Cat dan hiasi sesuai selera

Ini akan jadi finishing yang menyenangkan. Ajak anak-anak untuk menentukan cat dan hiasan rumah pohon mereka.  Catlah dan hiasi rumah pohon dengan cara menyenangkan dan nyaman untuk dihuni. [][teks @firza/wikihow.com/berbagai sumber | foto cnbhomes.com/diy.1woodworks.com]