Bikin Potpourri Yuk!
Hobi

Bikin Potpourri Yuk!

by Sherra
Wed, 22-Jul-2015

Pernah dengar soal potpourri? Potpourri adalah sebuah tempat yang berisi bunga, buah dan rempah kering yang sudah diberikan wawangian natural untuk menyegarkan ruangan. Aromanya bisa membuat Anda rileks, nyaman dan menenangkan. Trus gimana cara bikinnya ya? Simak caranya berikut ya..

Bahan:
Anda akan memerlukan empat bahan utama.
» Bunga & daun [sesuai selera]
» Minyak esensial [Ekstrak vanilla, lavender, wood, dll]
» Rempah-rempah dan Herbal [biji pala, cengkeh, kayu manis, kopi, irisan jeruk atau lemon, dll]
» Fixative [sebagai perekat atau pengawet aroma]

Cara Bikin:

1. Siapkan tanaman yang ingin dikeringkan. Waktu terbaik untuk mengumpulkan daun, akar, bunga dan biji adalah di pagi hari setelah embun menguap. Pilih tanaman yang bersih, bebas dari hama atau penyakit. Pilih bunga yang baru mekar. Kumpulkan 4 kali lebih banyak. Karena daun dan bunga akan menyusut saat kering.

2. Biasanya, proses pengeringan memakan waktu hingga 2 minggu. Ada dua proses untuk pengeringan bunga dan tumbuhan.

» Tempatkan tanaman dalam satu lapisan, jangan ditumpuk dan beri jarak satu sama lain. Letakkan di tempat bersirkulasi udara yang baik di sekitar tanaman.
» Simpan di tempat yang hangat dan gelap serta memiliki sirkulasi udara yang baik.
» Anda juga bisa menggantung tanaman dengan tebalik menggantuk tali atau karet.

3. Anda juga bisa mengeringkannya dengan cara dipanggang dalam oven dengan suhu 95 derajat Celsius dan jangan sampai gosong.

4. Setelah Potpourri dibuat dan kering, letakkan ke dalam mangkuk cantik, berikan 6 tetes minyak esensial favorit Anda. Lalu letakkan di ruangan Anda.


5. Nah, kalau ada yang menyisa, simpan bunga kering dalam wadah kedap udara atau kantong plastik. Lalu letakkan di tempat yang gelap dan dingin sampai ingin dibutuhkan kembali.

[][teks @saesherra/berbagai sumber | foto berbagai sumber]