Jakarta Osoji Club: Goes To School
Komunitas

Jakarta Osoji Club: Goes To School

by Sherra
Tue, 20-Oct-2015

Jakarta Osoji Club [JOC], komunitas peduli kebersihan Jakarta, menggelar program uji coba dalam bentuk workshop di SDN 09 Jagakarsa, Jakarta [19/10]. Program ini dimaksudkan untuk berbagi pengalaman dan menerapkan sadar kebersihan lingkungan di pendidikan dini. Program uji coba tersebut rencananya juga akan diterapkan untuk murid SD, para guru dan orangtua murid sekolah dasar di Jakarta.

Kegiatan workshop yang dijalani oleh murid kelas 3 SDN 09 Pagi Jagakarsa yakni memilah sampah: organik dan non organik, membuat barang-barang yang bernilai dari bahan yang bisa didaur ulang, mempresentasikan hasil karya, disertai cerita Kamishibai 'Raksasa Sampah'.


Ide kegiatan tersebut berawal dari kesempatan JOC mengadakan kunjungan ke Jepang yang bertajuk "JOC Goes to Japan; Melajah Budaya Bersih-bersih ala Jepang". Di sana mereka melakukan observasi singkat soal kebersihan di berbagai instansi dan lokasi pada 27 September hingga 5 Oktober 2015.


"Kami mendapat bantuan dari Japan Foundation. Karena memikirkan rencana-rencana untuk ke depannya, kami akhirnya sepakat pergi ke sekolah di Jepang, melihat program pendidikan kebersihan yang diterapkan karena pendidikan di usia dini itu sangat penting," jelas Ashida-san, Founder JOC.

Ashida-san juga bercerita sedikit tentang kebersihan yang diterapkan di sekolah-sekolah Jepang.

"Saya ingat waktu kecil saat sekolah, selain belajar, dibiasakan juga untuk melakukan kegiatan bersih-bersih kelas, koridor, halaman, kakus, dan lain-lain di seluruh lingkungan sekolah. Setelah itu baru bisa pulang. Hal tersebut sampai kini terus dilakukan," terang Ashida-san.

Menurutnya, walaupun kegiatan membersihkan sekolah hanya 10 menit, tapi itu bagus kalau dilakukan setiap hari. Jadi hal tersebut menjadi kebiasaan dan mendarah daging.

Setuju banget sama Ashida-san! Kebersihan itu haruslah dijadikan kebiasaan sedari kecil. Nah, pada usia tertentu, anak-anak bisa diajarkan pelajaran moral baik agar terus tertanam sampai ia besar. Ashida-san berharap kegiatan Jakarta Osoji Club Goes To School ini akan terus berlanjut agar kebiasaan membuang sampah pada tempatnya selalu diterapkan di setiap sekolah Indonesia dan menjadi budaya.

"Kami 'kan relawan kecil, orang-orang biasa dengan kemampuan terbatas sekali. Kami akan mencoba dulu dan melihat perkembangannya. Kalau satu kelas ini udah oke, kelas lain, lalu satu sekolah ini. Barulah ke sekolah lain," harap Ashida-san.

Yuk! Kita tanamkan kebersihan supaya bisa menjadi budaya yang baik. [][teks & foto @saesherra]