Musik Berbagi Diskusi 'Rock Memberontak'
Komunitas

Musik Berbagi Diskusi 'Rock Memberontak'

by Pohan
Thu, 05-Nov-2015

Ketika pulang dari menonton musik, biasanya kita hanya asyik komentar di media sosial. Entah soal konsep acara, pengisi acara, dan lainnya. Pernahkah kita berpikir untuk membuat laporan menonton musik atau mencari tahu proses kreasi musisi dalam sebuah karya tulis? Yang pasti untuk mewujudkannya butuh cinta dan kegigihan.

Gerakan Musik Berbagi berinisiasi menggelar acara "Menulis untuk Musik" di Beranda Kitchen, Jakarta, Selasa [03/11]. Kali ini narasumbernya adalah Che [frontman Cupumanik dan Konspirasi] dan Eko Prabowo sebagai tamu pembicara.

Eko Prabowo adalah penulis buku Dua Senja Pohon Tua dan Saya Ada Di Sana! Catatan Pinggir Grunge Lokal. Dalam waktu dekat buku terbarunya, Rock Memberontak lahir. Saat ini ia masih mengumpulkan dana melalui website Wujudkan. Target dana terpenuhi atau tidak, buku tetap rilis November. Menariknya buku mengupas secara tuntas kreasi Che dan Robi 'Navicula' dalam menulis lagu.

Pertama kali Eko berkenalan dengan Che di acara Pearl Jam Night tahun 2008. Saat itu Cupumanik menjadi pengisi acara tersebut. Tentu Che antusias terlibat dalam karya tulis ketiga Eko. Sebagai pelaku musik, Che menganggap scene semakin kuat kalau ada literatur buku. "Grunge akan menjadi kuat karena sejarahnya ditulis," ungkap Che.

Dalam sharing proses kreatif dan offline crowdfunding buku musik Rock Memberontak, Eko juga membeberkan sedikit tentang perjalanannya.

"Sebenarnya, saya selalu menolak menulis buku bersifat objektif. Makanya saya nulis grunge. Saya nggak mungkin menulis yang saya nggak nonton," katanya.

Soal pemilihan judul buku, Eko mengatakan bahwa rock sekarang di Indonesia menurut saya tidak memberontak,

"Tantangan untuk saya tidak ngomongin hal yang sama. Mungkin next time saya berhenti dulu nulis soal grunge."

Acara Menulis untuk Musik ini dipandu Rere 'Grassrock' dan Uga Tatto. Perbincangan Che, Eko, bersama mereka yang hadir malam itu ditutup dengan penampilan akustik solo Che. [][teks & foto @pohanpow]